Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Lebaran Bawa Berkah, Porter Stasiun Senen: Dulu Cari Rp100 Ribu Susah

Mudik Lebaran 2022 membawa berkah bagi para porter di Stasiun Pasar Senen. Kini mereka bisa tersenyum sumringah setelah puasa pendapatan hampir 2 tahun.
Seorang porter mengangkat barang milik penumpang di Stasiun Pasar Senen, Senin (28/4/2022). Mudik tahun ini menjadi berkah bagi para porter di stasiun tersebut.
Seorang porter mengangkat barang milik penumpang di Stasiun Pasar Senen, Senin (28/4/2022). Mudik tahun ini menjadi berkah bagi para porter di stasiun tersebut.

Binis.com, JAKARTA- Para penyedia jasa porter lalu lalang di Stasiun Pasar Senen, Kamis (28/4/2022). Mereka mengenakan baju berkerah berwarna hijau neon yang tampak mencolok di tengah keramaian pemudik.

Beberapa dari mereka sibuk menawarkan jasanya kepada para pemudik. Sementara yang lain tampak mengamati penumpang yang mungkin membutuhkan jasanya.

Mudik tampaknya telah membawa berkah tersendiri bagi para porter di Stasiun Pasar Senen. Terlebih kini banyak penumpang yang memadati Stasiun di Jakarta Pusat tersebut. 

"Ada perubahan dari tahun-tahun kemarin, kalau lebih banyak enggak cuma nambah-nambah iya, Alhamdulillah," kata Said seorang porter saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Kamis (28/4/2022). 

Said mengaku selama ini dirinya merasa kesulitan untuk mencari nafkah. Terlebih selama pandemi virus corona (Covid-19) banyak pembatasan yang diterapkan dan moda transportasi Kereta Api ikut terkena imbasnya. 

"Ibaratnya kemarin-kemarin dapet Rp100 ribu saja susah kalau sekarang cari Rp100 ribu itu gampang, malah lebih dari Rp200 ribu bisa sampai dari pagi sampai sore," ungkap Said. 

Said pun mengungkapkan dirinya tidak mematok harga untuk jasanya. Namun dia kerap mendapatkan uang sebesar Rp10 ribu sampai Rp50 hari sekali angkut. 

"Jadi enggak ditarget harus bayar berapa. Kadang enggak manggul juga dikasih uang Rp50 ribu mungkin kasihan kadang gitu," katanya. 

Said pun mengaku bersyukur, pasalnya dia pernah tidak mendapatkan uang sama sekali selama masa pandemi Covid-19 dua tahun belakangan ini. Dia mengaku hanya mengandalkan sembako yang diberikan untuk dirinya dan porter lainnya. 

"Pandemi bayangin aja pernah cuma tiga kereta sedangkan penumpangnya cuma 20 orang, kadang-kadang enggak dapat duit sama sekali. Sampai dikirim sembako terus di Stasiun," kenangnya.

Lonjakan Penumpang

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyebut bahwa peningkatan jumlah penumpang sudah terjadi sejak kemarin.

Dia mengungkapkan tanggal keberangkatan yang banyak dipilih oleh pemudik adalah 27 April sampai 1 Mei 2022 dengan tujuan mayoritas Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Untuk hari ini ada sekitar 28 KA yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, dua KA di antaranya merupakan tambahan.  

"Adapun volume penumpang yang berangkat sebanyak 17.200 atau 84 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 20.500," kata Eva saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis (28/4/2022).  

Eva juga menambahkan data tersebut merupakan penumpang yang berangkat dari Pasar Senen saja. Sehingga jika ditambah penumpang yang naik dari Bekasi, Karawang, Cikarang, Cikampek, dan Jakartakota maka penumpang KA sudah terisi penuh untuk semua tempat duduk yang tersedia.  

Di sisi lain untuk keberangkatan dari Daop 1 Jakarta untuk periode Pra Lebaran pada 22 April sampa 1 Mei 2022 penjualan tiket sudah mencapai 312.200 atau 86 persen dari total tiket yang disediakan yakni 362.000 pada periode tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper