Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Persiapan TWC Borobudur Jelang Mudik Lebaran

Wapres Ma'ruf Amin meninjau TWC Borobudur untuk mengecek kesiapan jelang mudik Lebaran.
Candi Borobudur merupakan salah satu kawasan super prioritas pariwisata di Indonesia./Antara
Candi Borobudur merupakan salah satu kawasan super prioritas pariwisata di Indonesia./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin mengunjungi Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur untuk memastikan persiapan jelang mudik Lebaran 2022.

Adapun, Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur diyakini menjadi salah satu objek wisata di Jawa Tengah yang memiliki daya tarik tinggi sehingga destinasi tersebut disebutnya harus siap mengantisipasi terjadinya lonjakan pengunjung, utamanya dari sisi penerapan protokol kesehatan.

"Saya mengunjungi destinasi wisata prioritas yang memang disiapkan pemerintah supaya pada saat hari raya ini sudah bisa dikunjungi karena memang sudah 2 tahun masyarakat tidak bisa berkunjung ke tempat wisata ini," ujarnya, dikutip melalui akun Youtube Wakil Presiden RI, Kamis (21/04/2022).

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, pembangunan dan persiapan yang dilakukan untuk menghadapi lonjakan pengunjung tersebut sudah sangat baik.

"Ini diperkirakan pengunjungnya akan banyak. Karena itu dipersiapkan sedemikian rupa dan dari mulai masuk sampai berbagai fasilitas. Ekosistemnya sudah dibangun dengan baik sekali sebagai satu destinasi prioritas," katanya.

Dia pun berharap pada saat nanti hari raya liburan panjang, masyarakat sudah bisa menikmati destinasi wisata terutama wisatawan lokal, mungkin juga wisatawan luar negeri.

Mengakhiri peninjauan, Wapres menyampaikan bahwa TWC Borobudur merupkan salah satu tempat terindah yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, harus selalu dirawat dan Indonesia bangga memiliki berbagai destinasi wisata yang tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara.

"Ini kebanggaan kita sebagai bangsa dan tidak ada tempat seperti ini di dunia kecuali di tempatnya Pak Ganjar ini yang punya destinasi luar biasa ini," pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama TWC Borobudur Edy Setijono melaporkan berbagai persiapan yang sudah dilakukan menjelang Hari Raya Idulfitri.

"Kami mempersiapkan karena kita tahu sudah 2 tahun tidak ada libur lebaran, perhitungan kami akan terjadi lonjakan luar biasa. Supaya kesiapan tetap aman dan nyaman, yang utama penerapan protokol kesehatan," tuturnya.

Sejalan dengan Edy, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti, memaparkan bahwa pekerjaan yang sudah dilakukan oleh jajaran Kementerian PUPR, salah satunya pembuatan homestay untuk memajukan ekonomi masyarakat sekitar.

"Juga ada homestay. Ini adalah rumah masyarakat digunakan untuk penginapan. Wisatawan merasakan [menginap] di kawasan Borobudur ini," lapornya.

Sebagaimana diketahui, Borobudur menjadi salah satu bagian dari Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) atau “Bali Baru”. Untuk itu, upaya pengembangan aksesibilitas, amenitas dan atraksi Borobudur terus dilakukan guna menarik minat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 H, tim manajemen TWC Borobudur memprediksi terjadinya peningkatan pengunjung dibandingkan dengan tahun lalu.

Hal ini menyusul dikeluarkannya Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri yang menyatakan jadwal cuti bersama Lebaran 2022 dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Selain itu, tingkat pemulihan pandemi yang pesat melalui program vaksinasi yang masif dilakukan dan penerapan protokol kesehatan juga turut mendukung prediksi peningkatan jumlah pengunjung pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper