Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prabowo Targetkan Defend ID Dongkrak TKDN Peralatan Pertahanan Jadi 50 Persen

Menhan Prabowo menargetkan TKDN peralatan keamanan dan pertahanan naik menjadi 50 persen melalui keberadaan holding BUMN industri pertahanan Defend ID.
Menhan Prabowo Subianto dalam acara Peluncuran Progam dan Holding BUMN Industri Pertahanan Defend ID, Rabu (20/4/2022) - Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden
Menhan Prabowo Subianto dalam acara Peluncuran Progam dan Holding BUMN Industri Pertahanan Defend ID, Rabu (20/4/2022) - Tangkapan Layar Youtube/Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menargetkan holding BUMN industri pertahanan yakni Defend ID mampu mendorong tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) peralatan keamanan dan pertahanan menjadi 50 persen.

"Diharapkan dengan adanya holding BUMN industri pertahanan Defend ID ini akan meningkatkan tingkat komponen dalam negeri menjadi 50 persen untuk teknologi-teknologi kunci dan untuk menjadi industri urutan 50 terbesar di dunia dalam bidang industri pertahanan pada tahun 2024,"katanya dikutip dari YouTube Setpres, Rabu (20/4/2022).

Lebih lanjut, Prabowo juga menyampaikan bahwa dalam acara peluncuran holding BUMN industri pertahanan, Defend ID pada Rabu, 20 April 2022, dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementeriaan Pertahanan dan Kementerian BUMN terkait dukungan BUMN industri pertahanan terhadap kemandirian alat peralatan pertahanan dan keamanan.

Selain itu, dilakukan juga penandatanganan kontrak kerja sama antara Defend ID dan Kementerian Pertahanan yang diantaranya:
- Kontrak pengadaan 13 unit radar GCI dan pendukungnya antara PT LEN Industri dan Kementerian Pertahanan
- Kontrak pengadaan amunisi kaliber kecil antara PT Pindad dan Kementerian Pertahanan
- Kontrak MRO moderninasi 12 unit pesawat C130 antara PT Dirgantara Indonesia dan Kementerian Pertahanan
- Kesepakatan MRO dan peningkatan kemampuan serta modernisasi kapal perang TNI AL sebanyak 41 kapal perang antara PT PAL Indonesia dan Kementerian Pertahanan senilai US$1,1 miliar
- Head of Agreement teknologi elektronika pertahanan antara PT LEN Industri dan Tales International SAS, Prancis
- MoU untuk produksi bersama produk armored assault vehicle antara PT Pindad dan FNSS, Turki

Kemudian, kata Menhan, dilakukan pula penandatangan global strategic partnership, peluncuran kapal cepat rudal (KCR), dan peresmian pabrik elemented detonator.

"Dengan adanya Defend ID ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk mempercepat kemandirian industri pertahanan Indonesia dalam memenuhi kebutuhan alutsista dalam negeri baik dalam hal kuantitas, sumber daya manusia, maupun kualitas teknologinya," katanya.

Adapun terkait target yang disampaikan Menhan Prabowo tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar semuanya bisa direalisasikan dalam tenggat waktu yang telah ditentukan.

"Janji ini saya catat, Defend ID akan jadi Top 50 perusahaan pertahanan dunia. Kedua, akan terus mendorong peningkatan TKDN dan menurunkan impor alat pertahanan dan keamanan kita. Goalnya kesana," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper