Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi Gugatan Rp100 Miliar yang Menyeret Merek Ayam Geprek Bensu

Kronologi gugatan sengketa merek 'Ayam Geprek Bensu' antara Ruben Onsu dan Benny Sujono.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 14 April 2022  |  14:37 WIB
Kronologi Gugatan Rp100 Miliar yang Menyeret Merek Ayam Geprek Bensu
Kuliner I am Geprek Bensu. JIBI - Bisnis/Nancy Junita @facebook
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Ruben Onsu digugat Rp100 miliar oleh pengusaha kuliner Benny Sujono karena permasalahan merek Geprek Bensu.

Adapun gugatan tersebut terlansir dalam gugatan dilayangkan oleh PT Ayam Geprek Benny Sujono dengan nomor perkara 32/Pdt.Sus-HKI/Merek/2022/PN Niaga Jkt.Pst. Dua pihak tergugat yakni Ruben Samuel Onsu sebagai Tergugat I dan Kementerian Hukum dan HAM sebagai tergugat II.

Benny Sujono meminta pengadilan untuk memutuskan bahwa pihaknya menjadi pemilik sah dari merek Ayam Geprek Bensu.

Ia pun menuntut adanya pembatalan hukum pendaftaran merek “I am Geprek Bensu” atas nama Ruben Onsu dengan segala akibat hukumnya.

Duduk perkara gugatan dimulai

Diketahui sebelumnya, Jordi yang pernah bekerja sama dengan I Am Geprek Bensu menjadikan kakaknya maskot dagang ayam geprek milik Benny Sujono.

Setelah itu, Jordi dan Ruben keluar dan mendirikan merek dagangnya sendiri bernama Geprek Bensu. Pada Mei 2018, Ruben pun mendaftarkan nama Bensu sebagai singkatan Ruben Samuel Onsu ke PN Jaksel dan mengklaim nama itu adalah miliknya.

Ia kemudian menuntut adanya hak nama Geprek Bensu yang akhirnya ditolak oleh pengadilan. Penolakan tersebut ditolak karena nama Bensu sebelumnya telah digunakan oleh PT Ayam Geprek Benny Sujono.

Akhir 2019, pengadilan memutuskan Benny Sujono adalah pemilik hak nama Bensu dengan nomor pendaftaran IDM000643531, Kelas 43, tanggal pendaftaran 24 Mei 2019.

Ruben kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung atas putusan Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Namun kasasi itu ditolak.

Akhir 2020, pihak Benny Sujono melayangkan gugatan kepada Dirjen Kekayaan Intelektual (KI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham).

Gugatan dilakukan Benny Sujono karena Dirjen KI justru dianggap menerbitkan surat penghapusan merek terdaftar yaitu PT Ayam Geprek Benny Sujono dan Yangcent.

Benny mengatakan bahwa tak seharusnya Dirjen KI menerbitkan surat penghapusan merek, karena ia telah memenangkan putusan persidangan perselisihan merek di Mahkamah Agung (MA).

Terbaru pada April 2022, Ruben digugat Rp100 miliar oleh Benny Sujono karena sengketa merek Geprek Bensu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sengketa merek merek merek dagang
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top