Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tidur Seharian, Apakah Puasa Anda Sah?

Mayoritas ulama termasuk dari kalangan bermadzhab Syafi’i, tidur seharian tidak membatalkan puasa seseorang, asal pada malam harinya dia sudah niat untuk berpuasa.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 April 2022  |  16:26 WIB
Ilustrasi tidur siang
Ilustrasi tidur siang

Bisnis.com, JAKARTA -  Tidak makan dam minum selama seharian penuh di bulan puasa membuat stamina tubuh menurun.

Akibatnya, tidak sedikit orang yang mengurangi aktivitas dibanding hari-hari biasa, bahkan tidak menuntut kemungkinan ada yang memilih tidur seharian penuh. Lalu apakah sah orang yang berpuasa tapi dia gunakan waktu siangnya hanya untuk tidur? 

Mayoritas ulama termasuk dari kalangan bermadzhab Syafi’i, tidur seharian tidak membatalkan puasa seseorang, asal pada malam harinya dia sudah niat untuk berpuasa.

Meski Abu Thayyib bin Salamah dan Abu Said Al-Ishthakhriy berpendapat tidak sah puasanya. Imam an-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab (6/384) menjelaskan apabila seorang yang berpuasa tidur sepanjang hari sedangkan dia telah berniat puasa pada malam harinya, maka puasanya sah.

Demikian menurut pandangan madzhab Syafi‘i, dan pandangan ini juga dianut oleh mayoritas ulama. Tetapi, menurut Abu Thayyib bin Salamah dan Abu Said Al-Ishthakhriy puasa seperti itu tidaklah sah. Sedangkan Al-Bandaniji juga meriwayatkan pandangan ini dari Ibnu Suraij. Dalil semuanya bersumber dari Al-Qur'an.”   

Berbeda jika ada waktu untuk tidak tidur meski hanya sedikit, maka para ulama sepakat puasanya tetap sah. Imam an-Nawawi melanjutkan (6/384) para ulama telah bersepakat bahwa apabila seorang yang berpuasa bangun sebentar dari tidur di siang hari, kemudian tidur lagi, maka sah puasanya.” 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur Puasa Ramadan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top