Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Retno: Penyelesaian Konflik Rusia-Ukraina Penting Sekali

Menlu Retno Marsudi menegaskan bahwa penyelesaian konflik antara Rusia dan Ukraina penting untuk stabilitas global.
Szalma Fatimarahma
Szalma Fatimarahma - Bisnis.com 06 April 2022  |  17:41 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/2/2022). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengikuti rapat kerja dengan Komisi I DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/2/2022). ANTARA FOTO - Hafidz Mubarak A

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi terus mengintensifkan upaya untuk mewujudkan perdamaian antara dua negara Slavik yang sedang berkonflik yakni Rusia dan Ukraina.

Hal itu dikatakan Retno seusai menggelar rapat kerja dengan Komisi I DPR RI di Gedung Parlemen, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

"Kita dorong dan intensifkan perundingan untuk mencari penyelesaian secara damai dan tidak melupakan elemen kemanusiaan di dalamnya," ujar Retno

Retno menuturkan bahwa upaya perwujudan perdamaian tersebut dilakukan dalam beberapa level. Perempuan asal Semarang tersebut juga mengaku telah berkomunikasi langsung dengan Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina maupun perwakilan Rusia untuk mendorong perdamaian.

"Penting kita mengarahkan kepada isu atau situasi yang terjadi di Ukraina. Itu penting sekali," ucap Retno Marsudi. 

Dalam catatan Bisnis, konflik antara Rusia dan Ukraina telah berlangsung lebih dari 40 hari. Selama konflik berlangsung ribuan orang telah tewas dan jutaan orang terusir dari kampung halamannya.

Perang antara Rusia dan Ukraina dipicu oleh keinginan dari Presiden Vladimir Putin supaya negara tetangga yang sama-sama bekas Uni Soviet tersebut untuk menjadi negara netral.

Rusia khawatir bergabungnya Ukraina ke NATO akan membahayakan keamanan nasional negeri beruang merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Ukraina retno l.p. marsudi
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top