Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Instruksikan Bansos dan BLT Minyak Goreng Disalurkan Sebelum Lebaran

Jokowi memerintahkan jajarannya agar pencairan dan penyaluran bantuan sosial (bansos) segera dilakukan.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 06 April 2022  |  14:00 WIB
Petugas kepolisian menyerahkan bantuan sosial berupa beras kepada warga di wilayah Jakarta Barat, Sabtu (10/7/2021). - Antara
Petugas kepolisian menyerahkan bantuan sosial berupa beras kepada warga di wilayah Jakarta Barat, Sabtu (10/7/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya agar pencairan dan penyaluran bantuan sosial (bansos) segera dilakukan.

Dia menjabarkan, bantuan yang dimaksud adalah bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng (migor), termasuk lewat Program Keluarga Harapan (PKH).

Penyebabnya, saat  ini masyarakat di Indonesia merasakan akibat kenaikan inflasi global, khususnya  harga energi dan bahan pangan.

“Yang berkaitan dengan bantuan sosial, saya harapkan baik PKH dan lainnya serta BLT minyak goreng saya minta agar bisa disalurkan secepatnya sebelumLebaran tiba,” katanya saat sidang kabinet paripurna yang disiarkan oleh akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/5/2022).

Kepala Negara pun mengimbau, apabila memungkinkan agar bantuan sosial dapat disalurkan dalam minggu-minggu ini.

"Bukan apa-apa, mungkin kita tidak merasakan, tapi Rp300.000 bagi rakyat itu pas mau Lebaran dapat [bantuan] itu rasanya betul [terasa]. Saya bisa merasakan betul itu. Senangnya kalau bisa memegang uang itu. Bisa dipakai untuk beli minyak goreng dan kebutuhan pokok lainnya," kata Jokowi.

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar Rp300.000 kepada masyarakat pada April 2022.

Penyaluran BLT minyak goreng ini akan dilakukan bersamaan dengan penyaluran bansos lainnya, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebelumnya, Jokowi menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan minyak goreng sebesar Rp100.000 setiap bulannya. Bantuan tersebut akan diberikan untuk 3 bulan sekaligus yang akan dibayar sekaligus pada Bulan ini.

Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk 3 bulan sekaligus, yaitu pada April, Mei dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300.000.

Selain itu, melalui Kementerian Sosial,pemerintah masih memberikan bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) , diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau (DTKS).

Penerima bansos PKH akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000 per bulan atau Rp600.000 per tiga bulan.

Kemudian, ada juga Bantuan Sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu sembako dijadwalkan kembali cair pada April 2022. Mekanisme penyaluran bantuan ini yakni dicairkan sekaligus untuk interval waktu 3 bulan ke depan. Dengan rincian perolehan bansos perbulan Rp200.000, sehingga penerima akan menerima nominal bansos sebesar Rp600.000 sekaligus.

Tidak hanya itu, pemerintah kembali melanjutkan Program Kartu Prakerja yang skemanya memang diperuntukan semi-bansos pada 2022.

Pendaftaran Gelombang 25 telah dibuka sejak 29 Maret 2022 dan berakhir pada 3 April 2022. Para peserta yang lolos nantinya akan mendapatkan BLT sebesar Rp 2,55 juta yang akan dicairkan langsung ke rekening.

Terakhir, pemerintah masih berencana memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada seluruh pekerja yang memiliki pendapatan bulanan di bawah Rp3,5 juta. Pemerintah siap mendistribusikan BSU kali ini untuk Rp8,8 juta pekerja dengan total anggaran Rp8,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi blt bantuan sosial
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top