Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jemaah An-Nadzir Mulai Puasa Ramadan Besok, Bareng Muhammadiyah

Jemaah An-Nadzir Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan 1 Ramadan 1443 H pada Sabtu, 2 April 2022.
Nugroho Nafika Kassa
Nugroho Nafika Kassa - Bisnis.com 01 April 2022  |  15:49 WIB
Jemaah An-Nadzir Mulai Puasa Ramadan Besok, Bareng Muhammadiyah
Jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan menggelar Salat Ied di halaman Masjid Baitul Muqaddis kompleks pondok Jemaah An-Nadzir, Senin (3/6/2019). - JIBI/Andini Ristyaningrum
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - Jemaah An-Nadzir Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) menetapkan 1 Ramadan 1443 H pada Sabtu (2/4). Dengan demikian, mereka akan mulai berpuasa besok berbarengan dengan Muhammadiyah.

Pimpinan Jamaah Annadzir Gowa Samiruddin Pademmui mengungkapkan berdasarkan perhitungan yang dilakukan Tim Pemantau Bulan Annadzir, siang tadi sekitar pukul 14.30 Wita, wilayahnya telah memasuki Bulan Ramadan. Oleh karena itu, mereka per hari ini sudah mulai puasa untuk menjemput ramadan.

Meski demikian, Samiruddin menyatakan perhitungan 1 Ramadan 1443 H tetap dimulai pada Sabtu besok.

"Jadi hari ini kami sudah mulai berpuasa. Namun hari ini baru dikatakan puasa menjemput Ramadan. Kami tetap menghitung 1 Ramadan mulai besok," kata Samiruddin saat dihubungi Bisnis, Jumat (1/4/2022).

Penetapan awal Ramadan Jemaah An-Nadzir dihitung setelah melakukan pemantauan bulan sejak 14 hingga 16 Maret 2022. Dari pemantauan, pada hari ini sudah terjadi perpisahan bulan Sya'ban ke Ramadan sekitar pukul 14.30 Wita. Sehingga dipastikan 1 Ramadan 1433 H jatuh pada Sabtu besok.

"Puasa penuh 1 Ramadhan 1443 H terhitung Insya Allah, dimulai hari Sabtu 2 April 2022," ujarnya.

Dia menjelaskan, penentuan Idulfitri 2022 juga nantinya akan menggunakan metode yang sama. Jadi hari lebaran juga akan diputuskan pada akhir bulan ini.

Samiruddin menambahkan, penetapan 1 Ramadan Jemaah An-Nadzir pada tahun ini bersamaan dengan penentuan 1 Ramadan Muhammadiyah. Dengan demikian, bisa jadi penetapan 1 Syawan atau Idulfitri An-Nadzir juga akan berbarengan dengan Muhammadiyah.

"Iya bisa saja nanti lebaran kita bersamaan dengan Muhammadiyah. Karena perhitungan kami saat Ramadan ini kan sama," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel muhammadiyah Ramadan jamaah an nadzir an nadzir
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top