Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BRIN Prediksi Pemerintah Tetapkan Puasa 3 April 2022, Ini Pertimbangannya 

Peneliti Astronomi BRIN memprediksi penetapan 1 Ramadan 1443 H akan jatuh pada tanggal 3 April 2022, dengan pertimbangan berikut ini.
Seseorang melakukan pengamatan hilal./Antara
Seseorang melakukan pengamatan hilal./Antara

Bisnis.com, SOLO - Sidang Isbat sebagai penentu awal Ramadan 1443 Hijriah akan digelar pada hari ini, Jumat (1/4/2022). Sidang ini akan digelar di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama, Jakarta.

Menurut PP Muhammadiyah, awal Ramadan 1443 H dimulai pada Sabtu. Hal ini masuk ke dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

"1 Ramadhan 1443 H jatuh pada Sabtu Pon, 2 April 2022 M," tulis maklumat tersebut.

Di sisi lain, Peneliti Astronomi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin, menyebutkan bahwa pemerintah kemungkinan akan menetapkan awal Ramadan pada 3 April 2022.

Hal ini didasarkan dari posisi bulan yang kurang dari 2 derajat, walaupun sudah positif. Kemudian jarak bulan dan matahari memiliki jarak 3 derajat.

Terlebih kini pemerintah menerapkan kriteria baru untuk memutuskan posisi hilal, yakni posisi bulan 3 derajat, elongasi jarak bulan dan matahari menjadi 6,4 derajat.

"Ini hilal tidak mungkin bisa diruqyat," ucap Thomas Djamaluddin dikutip Bisnis dari tvOne pada Jumat (1/4/2022).

"Nah, kondisi hilal pada Magrib nanti, itu tingginya di Indonesia itu umumnya kurang dari 2 derajat. Artinya belum memenuhi tinggi minimal 3 derajat," lanjutnya.

Dari hal ini, BRIN memprediksi bahwa awal Ramadan ditetapkan pada 3 April 2022. Terlebih apabila belum memenuhi kritea, maka kemungkinan hilal diragukan.

"Sehingga ada potensi dalam sidang Isbat ini akan ditolak," 

Meskipun pada akhirnya nanti hasil yang diberikan akan tetap dievaluasi oleh Kementerian Agama, sebagai bahan pertimbangan penentuan awal Ramadan 1443 H.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper