Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Pemerintah dan FKUI: 86,6 Persen Penduduk Indonesia Memiliki Kekebalan Covid-19

Serologi survey tersebut dilakukan pada November – Desember 2021. Dengan kata lain, 86,6 persen penduduk Indonesia memiliki kekebalan terhadap Covid-19 itu pada periode tersebut.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 19 Maret 2022  |  23:33 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat
Menkes Budi Gunadi Sadikin memberikan keterangan pers usai Rapat Terbatas, Senin (10/05/2021), di Jakarta - Humas Setkab - Rahmat

Bisnis.com, JAKARTA - Penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air mulai menunjukkan hasil positif. Sebanyak 86,6 persen populasi Indonesia dinyatakan telah memiliki antibodi terhadap Covid-19.

Hal tersebut diumumkan dalam survei terbaru Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Tim Pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

Serologi survey tersebut dilakukan pada November – Desember 2021. Dengan kata lain, 86,6 persen penduduk Indonesia memiliki kekebalan terhadap Covid-19 itu pada periode tersebut.

Seiring dengan masih dilakukannya vaksinasi Covid-19 maka jumlah penduduk yang memiliki kekebalan terhadap COVID-19 akan semakin bertambah.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan sero survey perlu dilakukan sebagai dasar bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan yang berbasis bukti.

"Sero survey perlu dilakukan karena ini akan dipakai oleh pemerintah sebagai dasar dalam menentukan kebijakan yang berbasis bukti,” kata Budi seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (19/3/2022).

Sekadar informasi, dasar dari penelitian tersebut adalah mengukur berapa banyak tingkat penduduk yang sudah mempunyai tingkat kekebalan terhadap SARS-CoV-2.

Tim Pandemi FKM UI Profesor Pandu Riono menjelaskan kekebalan imunitas seseorang menjadi dasar untuk mengendalikan pandemi. Kekebalan tersebut didapat dari upaya sistematis melalui vaksinasi dan didapat secara alami setelah seseorang terinfeksi SARS-CoV-2.

“Sejak Desember 2021, tepat pada penelitian ini berakhir, kami tahu berapa banyak penduduk berdasarkan umur, berdasarkan jenis kelamin, berdasarkan wilayah, yang mempunyai tingkat imunitas terhadap SARS-CoV-2,” kata Pandu.

Selain mengetahui proporsi penduduk yang memiliki kekebalan imunitas terhadap SARS-CoV-2, jelasnya, sero survey dilakukan untuk mengetahui berapa besar kadar antibodi yang dimiliki penduduk di Indonesia.

Kadar antibodi itu, lanjutnya, menjadi penting dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan berbagai varian virus. Apabila kadar antibodi di tubuh seseorang cukup tinggi, maka bisa menekan risiko yang sangat buruk dari pandemi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei antibodi kekebalan Covid-19
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top