Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan PM Bulgaria Boyko Borissov Ditahan Karena Kasus Penipuan

Operasi skala besar sedang berlangsung sehubungan dengan dugaan 120 kasus penipuan yang sedang diselidiki oleh Kantor Kejaksaan Eropa.
 Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov./Istimewa
Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Mantan perdana menteri Bulgaria, Boyko Borissov ditahan Kamis malam di tengah penyelidikan polisi terkait upaya penyelidikan kasus hukum yang dilakukan oleh Kantor Kejaksaan Umum Eropa.

Menurut Kementerian Dalam Negeri, mantan menteri keuangan Vladislav Goranov, mantan ketua komisi anggaran parlemen Menda Stoyanova, dan penasihat media Borissov Sevdalina Arnaudova juga ditahan, menurut laporan surat kabar Bulgaria Dnevnik sebagaimana dikutip Politico.eu, Jumat (18/3).

Dalam sebuah langkah yang akan menjadi momen besar bagi Bulgaria, kementerian itu menyatakan bahwa operasi skala besar sedang berlangsung sehubungan dengan dugaan 120 kasus penipuan yang sedang diselidiki oleh Kantor Kejaksaan Eropa. 

Jaksa Laura Codruta Kövesi mengunjungi Bulgaria dalam beberapa hari terakhir sehingga mengindikasikan Borrisov diduga terlibat penyalahgunaan dana Uni Eropa yang meluas di sektor-sektor seperti pertanian, konstruksi dan pekerjaan umum. Berbagai masalah pada sektor tersebut telah membebani Bulgaria selama bertahun-tahun.

“Tidak ada seorang pun di atas hukum,” tulis Perdana Menteri Kiril Petkov di halaman Facebook-nya.

Pengacara Borissov, Menko Menkov mengatakan kepada wartawan bahwa mantan perdana menteri “belum didakwa untuk saat ini. Akan tetapi polisi telah melakukan penggeledahan di rumahnya.

Dia telah dibawa ke markas besar polisi nasional di mana dia kemungkinan besar akan ditahan selama 24 jam.”

Menkov kemudian mengatakan bahwa kasus Borissov terkait dengan pemerasan, bukan penyalahgunaan dana UE.

Borissov, yang mendominasi politik Bulgaria selama lebih dari satu dekade, dipaksa turun dari kekuasaan pada April tahun lalu di tengah krisis supremasi hukum.

Sebelumnya ia menjabat sebagai perdana menteri pada 2009-2013 dan sebagai wali kota Sofia 2005-2009. 

Borissov merupakan antan pemain sepakbola dan bermain sebagai penyerang untuk FC Vitosha Bistritsa. Pada 2013, dia menjadi pemain tertua yang pernah bermain untuk klub profesional Bulgaria ketika dia tampil untuk Vitosha di B PFG, divisi dua sepak bola Bulgaria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper