Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Registrasi Tutup 3 Hari Lagi, Calon Peserta UTBK-SBMPTN 2022 Wajib Punya Akun dan Simpan Permanen

Penutupan registrasi akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2022 akan ditutup 3 hari lagi yakni 17 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.
Pendaftaran SNMPTN 2022 melalui situs ltmpt.ac.id
Pendaftaran SNMPTN 2022 melalui situs ltmpt.ac.id

Bisnis.com, JAKARTA - Penutupan registrasi akun LTMPT untuk UTBK-SBMPTN 2022 akan ditutup 3 hari lagi yakni 17 Maret 2022 pukul 15.00 WIB.

Calon peserta wajib melakukan pendaftaran UTBK-SBMPTN dengan memiliki akun dan sudah simpan permanen.

Jika kerap mengalami kendala saat proses registrasi segera hubungi helpdesk (http://halo.ltmpt.ac.id) atau call center (0804 1 450 450). Jangan ditunda lagi, karena permasalahan bisa jadi harus diselesaikan oleh tim teknis LTMPT.

Saat ini, siswa terdaftar mencapai 1.575.117, siswa baru akun aktif 1.531.844 dan siswa baru akun permanen 1.304.198 seperti dilihat di akun twitter @ltmptofficial, Senin (14/3/2022).

Direktur Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Budi P. Widyobroto menjelaskan, bahwa jalur SNMPTN secara teknis mengundang hanya siswa kelas 12 yang berprestasi untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri.

Budi mengingatkan agar siswa memiliki akun di LTMPT dan sekolah harus memastikan bahwa data siswa telah dimasukkan dengan benar pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) agar siswa bisa mendaftar SNMPTN.

“Jadi, makanya hati-hati bagi adik-adik yang pemilihan program studi dan sebagainya, itu betul-betul yang disenangi sesuai minat, sehingga jangan sampai sudah diterima di jalur SNMPTN kemudian nanti tidak didaftar ulang atau tidak mendaftar ke perguruan tinggi maupun program studi yang tujuan yang sudah diterima,” tuturnya dilansir dari keterangan resminya (4/2/2022).

Informasi lebih lanjut, masyarakat dapat mengakses laman https://ltpmt.ac.id. 

 

Untuk SBMPTN, kata dia, prinsipnya kelulusan peserta ditentukan oleh hasil tes.

Adapun, tes yang dilaksanakan mencakup Tes Potensi Skolastik (TPS), Bahasa Inggris, dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Metode tes adalah UTBK. Kelompok ujian terdiri atas saintek atau soshum atau campuran. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti satu kali ujian.

“Untuk UTBK SBMPTN ini prinsipnya boleh diikuti dari tiga angkatan yakni angkatan yang lulus dan dua angkatan yang lulus di dua tahun terakhir,” jelasnya.

Budi mengatakan, UTBK pada SBMPTN tahun ini dilaksanakan setelah Idulfitri.

“Kami berharap agar bisa menambah kenyamanan adik-adik semua, itu dari sisi waktu. Kemudian dari alat-alat, kita sudah lengkapi dari tahun lalu, sudah menyiapkan dan didistribusikan komputer-komputer untuk menambah kapasitas ada di 74 lokasi sekitar 53.000 unit,” jelasnya.

Dari sisi perangkat lunak, LTMPT telah melakukan banyak pengembangan seperti adanya dashboard untuk koordinasi internal supaya lebih mudah.

Bagi pendaftar yang memilih seni budaya dan olah raga perlu mengunggah portofolio, maka ditambahkan identifikasi sertifikat atau penghargaannya supaya lebih mudah bagi evaluator.

“Ini akan mengefektifkan, jadi hasilnya akan lebih presisi dan lebih efektif, Sehingga prestasi adik-adik akan dihargai dengan sebaik-baiknya,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Indra Gunawan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper