Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Luhut Temui Kiai di Surabaya, Bahas Apa?

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga memohon doa kepada Kiai agar tren penanganan pandemi ini tetap terjaga sehingga umat muslim bisa beribadah saat Ramadan dan bersilahturami ketika Idulfitri tiba.
Iim Fathimah Timorria
Iim Fathimah Timorria - Bisnis.com 12 Maret 2022  |  19:56 WIB
Luhut Temui Kiai di Surabaya, Bahas Apa?
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menemui para Kiai di Surabaya, Jawa timur, di sela-sela kunjungannya ke wilayah tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Luhut menerima sejumlah saran terkait pemerintahan.

Aktivitas kunjungan ini dibagikan Luhut melalui akun Instagram-nya @luhut.pandjaitan pada Sabtu (12/3/2022). Dalam unggahan tersebut, tampak Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa turut mendampingi.

“Seperti biasanya, setiap kali kunjungan saya ke Surabaya, tak pernah saya lewatkan untuk bersilaturahmi dengan para Kyai yang sangat saya hormati,” tulis Luhut.

Luhut mengemukakan bahwa dia menyampaikan perkembangan penanganan Covid-19 dan proses pembangunan di seluruh sektor, mulai dari hilirisasi hingga pengembangan dan pembelian produk dalam negeri yang nilainya hingga Rp400 triliun. Luhut juga bercerita mengenai pertemuannya dengan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Muhammad bin Salman.

“Saya juga menyampaikan kabar baik kepada para Kyai bahwa dalam waktu dekat ini, keberangkatan jemaah umroh langsung dari Surabaya sudah dapat dilakukan, mengingat daftar tunggu keberangkatan umroh untuk wilayah Jawa Timur saja sudah mencapai hampir 10.000-an jemaah,” tambahnya.

Luhut mengutarakan bahwa para Kiai mengapresiasi perkembangan bangsa Indonesia. Dia mengatakan para Kiai turut merasakan kebanggaan terhadap keberhasilan pembangunan dan bagaimana pemerintahan Presiden Joko Widodo mampu tetap menggerakkan perekonomian bangsa meski menghadapi ujian pandemi Covid-19.

Selain itu, Luhut mengaku mendengar banyak saran dan harapan terkait pemerintahan yang akan terus berjalan baik kedepan tanpa ada tantangan dan hambatan yang signifikan.

“Saya memahami bahwa pandangan para Kyai yang juga sesepuh masyarakat ini patut dijadikan rujukan, mengingat mereka adalah perwakilan suara masyarakat arus bawah yang saya rasa juga merasakan keberhasilan pemerintahan saat ini,”

Di akhir pembicaraan, Luhut berjanji akan menyampaikan pesan dan saran para Kiai terkait pemerintahan saat ini sehingga mereka juga bisa merasakan manfaat kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut, Luhut juga memohon doa kepada Kiai agar tren penanganan pandemi ini tetap terjaga sehingga umat muslim bisa beribadah saat Ramadan dan bersilahturami ketika Idulfitri tiba.

“Saya pun memohon doa agar seluruh komponen bangsa ini bisa bersatu dan tetap kompak sehingga seluruh pencapaian dan kemajuan bangsa ini bisa kita pertahankan bersama-sama,” kata Luhut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Luhut Pandjaitan
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top