Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga: Desa Wisata Lokomotif Ekonomi Baru Tawarkan Berbagai Peluang

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, 2022 diharapkan menjadi tahun pemulihan ekonomi salah satunya dari sektor pariwisata.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berbagi 1000 hewan kurban di 17 provinsi./Antara
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berbagi 1000 hewan kurban di 17 provinsi./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan tahun 2022 diharapkan menjadi tahun pemulihan ekonomi salah satunya dari sektor pariwisata.

Adapun, disebutkan jajarannya akan berupaya keras memastikannya dengan membuka banyak peluang dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja.

Salah satu yang cukup membanggakan, adalah Desa Wisata. Menurutnya selama pandemi, ternyata Desa Wisata mengalami peningkatan kunjungan sebesar 30 persen pada 2021.

Hal ini karena Desa Wisata dapat menjawab keinginan wisatawan yang sejak masa pandemi, ingin mendatangi temat-tempat wisata berkualitas dengan keindahan alam, budaya dan ruang terbuka. 

"Saya menyebutnya personalize, customize in smaller size," ujarnya, dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (11/3/2022)

Saat ini, dia memastikan bahwa Desa Wisata telah menerapkan konsep New Normal. Vaksinasi Covid-19 telah diperkenalkan berikut penerapan protokol kesehatan. Kementeriannya juga telah mengupayakan Desa Wisata terintegrasi dengan aplikasi PeduliLindungi melalui barcode yang tersedia.

"Desa wisata akan terbentuk sebagai ekonomi baru yang akan menjadi lokomotif untuk menciptakan lebih banyak peluang pekerjaan yang hilang selama pandemi," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menambahkan, dalam masa relaksasi seperti saat ini, kunjungan wisatawan yang masuk ke Indonesia melalui pintu masuk Batam, Bintan dan Bali dapat mengunjungi dan menikmati keindahan alam Indonesia di berrbagai daerah.

Satgas Penanganan Covid-19 menurutnya akan memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik. Dan menyesuaikan regulasi agar masyarakat dapat lebih banyak melakukan aktivitas dan produktivitas. 

"Tentu saja kami terus memantau kasus nasional setiap hari, setiap minggu. Dan terus mencegah tingkat penularan di berbagai daerah. Dan diharapkan kita hidup berdampingan dengan COVID-19," pungkas Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper