Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-15: Serangan Rusia Masih Gencar!

Berikut update situasi militer perang Rusia vs Ukraina Hari ke-15.
Sebuah bangunan hancur terkena rudal pasukan Ukraina di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). REUTERS/Umit Bektas
Sebuah bangunan hancur terkena rudal pasukan Ukraina di Kyiv, Ukraina, Jumat (25/2/2022). REUTERS/Umit Bektas

Bisnis.com, JAKARTA – Perang Rusia vs Ukraina telah memasuki hari ke-15. Serangan militer Rusia beberapa daerah di Ukraina sudah mulai tenang seiring koridor kemanusian yang sedang berjalan antar kedua negara. Namun, ada beberapa daerah yang masih terkepung oleh serangan dari tentra Rusia.

Dilansir dari Militaryland, Kamis (10/3/22) pasukan Rusia sudah memasuki beberapa wilayah dari Ukraina, berikut situasi militer di wilayah Ukraina pada hari ke-15 serangan militer Rusia. 

Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-15

Garis Depan Polandia

• Daerah Kiev

Situasi di daerah itu relatif tenang. Musuh terus mengumpulkan kekuatannya ke arah Bucha, Hostomel dan Yasnohorodka. Evakuasi warga sipil dari Irpin dilanjutkan hari ini. Menurut intel Inggris/AS, pasukan Rusia akan melancarkan serangan besar-besaran ke Kyiv paling lambat hari Minggu.

• Daerah Zhytomyr

Sebuah pesawat Rusia melakukan serangan udara di Zhytomyr, merusak infrastruktur di sekitar Jembatan Berdychivsky. Tidak ada pertempuran darat yang dilaporkan dari daerah ini.

Garis Depan Utara

• Daerah Chernihiv

Evakuasi warga sipil dari Chernihiv tidak terjadi hari ini. Pasukan Rusia terus menyusun kembali pasukannya di utara kota.

• Daerah Sumy

Evakuasi warga sipil dari Sumy berhasil dilanjutkan hari ini. Sumber Ukraina melaporkan hingga 50 ribu warga sipil meninggalkan kota secara total (kemarin dan hari ini). Romny dilaporkan dikepung, membenarkan bahwa pasukan Rusia melewati kota ketika bergerak dari Sumy menuju Pryluky.

Garis Depan Sloboda

• Daerah Kharkiv

Kelompok pengintai/sabotase Rusia (DRG) menyerang pos pemeriksaan Ukraina di desa Andriivka pada malam hari. Serangan itu berhasil dihalau oleh unit Penjaga Perbatasan Ukraina yang ditempatkan di sana. Pasukan Ukraina melakukan serangan balik yang sukses ke arah Dernachi, membebaskan pemukiman dan mengangkat tekanan musuh di daerah tersebut.

Situasi di Izium mencapai tahap kritis. Beberapa warga sipil dapat pergi menuju Slovyansk, tetapi sebagian besar tetap berada di kota. Tidak jelas apakah masih ada beberapa elemen Ukraina di Izium. Kota ini rusak berat.

Elemen ujung tombak Rusia mendekati Petrivkse dan berusaha mendorong ke arah Hrushuvakha. Pasukan Ukraina dilaporkan memukul mundur serangan itu, tetapi situasinya tetap tegang.

• Daerah Luhansk

Pasukan Rusia mencapai pinggiran Rubizhne dan menguasai jalan yang menghubungkan Rubizhne dan Sievierodonetsk. Di selatan, pasukan Rusia dilaporkan masuk ke Popasna, tetapi kami tidak dapat memverifikasinya.

Garis Depan Pryazovia

• Daerah Donetsk

Pasukan Rusia menguasai Nikolske. Sebuah elemen ujung tombak didorong ke utara dan mencapai Staromlynivka, di mana ambulans Ukraina disergap. Dorongan ini menempatkan unit Ukraina di Huliapole di bawah tekanan, dan mungkin memperumit masalah bagi pasukan Ukraina yang ditempatkan di selatan Donetsk.

• Daerah Zaporizhzhia

Koridor kemanusiaan bekerja hari ini dari Enerhodar menuju Zaporizhzhia. Garis depan tetap tidak berubah di daerah ini.

UPDATE Situasi Militer Perang Rusia Vs Ukraina Hari Ke-15: Serangan Rusia Masih Gencar!

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Zaporizhzhia, Ukraina/Ukrinform

Garis Depan Selatan

• Daerah Mykolaiv

Pasukan Rusia menembaki Mykolaiv dari timur laut dan utara, pasukan Ukraina terus menggali parit dan mendirikan barikade. Saat serangan Rusia di kota semakin dekat.

Sementara itu, musuh mendorong utara Mykolaiv, di sepanjang sungai Inhulets dan terhubung dengan pasukannya di dekat Bashtanka. Pertempuran juga dilaporkan dari Voznesensk, tetapi pasukan Ukraina berhasil menguasai wilayah tersebut.

• Daerah Kherson

Pasukan Rusia mendorong ke utara menuju Kryvyi Rih dari Nova Kakhovka. Mereka menangkap Mylove, Dudchany dan Bila Krynytsia, meskipun serangan udara Ukraina di daerah tersebut. Kota Nikopol dan Kryvyi Rih bersiap untuk pertahanan.

• Daerah Mariupol

Unit Ukraina terus mengusir serangan dari semua sisi. Rencana evakuasi warga sipil tidak terjadi lagi. Sebaliknya, Rusia mengebom sebuah rumah sakit bersalin dan merusak beberapa bangunan. Berdasarkan peristiwa yang sedang berlangsung di utara Mariupol, dan kecuali pasukan Ukraina tiba-tiba mengubah taktik pertahanannya menjadi lebih ofensif, situasi di Mariupol tidak terlihat baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper