Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-15: Rusia Bom Rumah Sakit, Inggris Ingin Pasok Senjata

Berikut rangkuman Perang Rusia vs Ukraina hari ke-15. Mulai dari pasukan Rusia bom rumah sakit bersalin hingga Inggris ingin pasok senjata untuk Ukraina.
Truk dan ruas jalan di Kyiv Ukraina yang terbakar akibat serangan Rusia/The Moscow Times
Truk dan ruas jalan di Kyiv Ukraina yang terbakar akibat serangan Rusia/The Moscow Times

Bisnis.com, JAKARTA - Serangan pasukan Rusia ke Ukraina masih menjadi perhatian internasional. Dimulai sejak Kamis (24/2/2022), kini serangan militer Rusia telah memasuki hari ke-15.

Banyak situasi terkini yang dialami dalam perang Rusia vs Ukraina. Mulai dari Rusia bom salah satu rumah sakit di Mariupol, Ukraina hingga rencana pemerintah Inggris memasok senjata.

Simak rangkuman kejadian yang terdapat pada hari ke-15 serangan Rusia ke Ukraina, seperti yang dilansir dari The Guardian pada Kamis (9/3/2022).

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-15

1. Rusia bom sebuah rumah sakit bersalin

Rumah sakit anak-anak dan bangsal bersalin di kota Ukraina selatan Mariupol dihancurkan oleh serangan udara Rusia pada Rabu sore (9/3/2022). Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan anak-anak terkubur di bawah reruntuhan dan gubernur daerah tersebut menyatakan 17 orang terluka.

“Rumah sakit anak, bangsal bersalin. Bagaimana mereka mengancam Federasi Rusia?” tambah Zelenskiy.

2. Negara Barat khawatir Rusia gunakan senjata kimia di Kyiv

Para pejabat Barat menyatakan bahwa serangan ‘sangat mengerikan’ di Ibu kota Ukraina dapat dilepaskan ketika pasukan Rusia berusaha mengatasi masalah logistik yang tampaknya mengganggu pasukan menuju Kyiv.

3. Inggris berencana untuk memasok senjata

Menteri Pertahanan (Menhan) Inggris mengatakan persiapan senjata anti-pesawat Starstreak dan rudal anti-tank Javelin untuk dikirim ke Ukraina saat pasukan Rusia mendekati Kyiv.

4. Menlu Rusia dan Ukraina siap bertemu tatap muka

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov telah mendarat di Turki hari ini pada Kamis (10/3/2022) dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba untuk pembicaraan tatap muka.

Hal ini merupakan pertemuan tingkat tertinggi antara kedua negara sejak Rusia menginvasi. Sejauh ini, para pihak telah terlibat dalam pembicaraan tingkat rendah di Belarus, sebagian besar mengenai masalah kemanusiaan dan hanya melibatkan pejabat Ukraina.

5. Pemimpin Uni Eropa akan bertemu di Versailles

Para pemimpin UE yang beranggotakan 27 negara berencana akan mengadakan pertemuan di Versailles, Perancis pada Kamis (10/3/2022) dan Jumat (11/3/2022).

Sebuah rancangan deklarasi yang disiapkan untuk KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) mengatakan: “Perang agresi Rusia merupakan pergeseran tektonik dalam sejarah Eropa.” Para pemimpin diharapkan untuk membahas pengurangan ketergantungan energi blok itu pada Rusia dan permintaan Ukraina untuk bergabung dengan UE.

Perang Rusia vs Ukraina Hari ke-15: Rusia Bom Rumah Sakit, Inggris Ingin Pasok Senjata

6. Rusia telah gunakan sistem senjata TOS-1A

Pemerintah Inggris menyatakan bahwa Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Rusia telah mengonfirmasi penggunaan sistem senjata TOS-1A di Ukraina. Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Inggris mengatakan sistem itu menggunakan roket termobarik yang menciptakan efek pembakar dan ledakan.

7. AS telah melihat indikasi bahwa Rusia menjatuhkan ‘dumb bombs

Menurut seorang pejabat senior pertahanan AS, Rusia telah menjatuhkan ‘dumb bombs’ dengan amunisi terarah tanpa target yang tepat di Ukraina. Para pejabat menambahkan bahwa AS mengamati “peningkatan kerusakan infrastruktur sipil dan korban sipil.”

8. Ukraina tuduh pasukan Rusia sandera 400 ribu orang

Menlu Ukraina Dmytro Kuleba menggambarkan kondisi kota Mariupol sebagai ‘apokaliptik,’ yang masih dibom oleh pasukan Rusia walaupun ada kesepakatan untuk membangun koridor evakuasi yang aman bagi warga sipil.

9. Pasokan listrik telah terputus ke pembangkit listrik Chernobyl

Hal ini dikonfirmasi oleh pihak berwenang Ukraina. Pengawas atom PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mengatakan bahan bakar nuklir bekas yang disimpan di sana telah cukup dingin sehingga tidak menjadi masalah yang segera terjadi.

Namun, berita tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa kurangnya daya eksternal ke situs tersebut dapat membahayakan keselamatan nuklir.

10. 40 ribu warga sipil dievakuasi dari seluruh Ukraina

Menurut seorang perunding Ukraina, pihak berwenang berjuang untuk menjauhkan orang-orang dari zona konflik di sekitar kota Kyiv, Kharkiv, dan Mariupol.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan sebelumnya bahwa koridor harus memungkinkan penduduk kota-kota Mariupol, Enerhodar, Sumy, Izyum, dan Volnovakha yang dibombardir berat, serta kota-kota di sekitar Kyiv termasuk Bucha, Irpin, dan Hostomel, untuk dievakuasi. Hal ini diserukan ke pasukan Rusia untuk menghormati “komitmen publik resmi” buat gencatan senjata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper