Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Muncul Mata Air Panas Baru Pascagempa Pasaman Barat

Sebuah semburan air panas tiba-tiba muncul di tengah jalan tanah di Nagari Ganggo Hilia, Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 26 Februari 2022  |  12:10 WIB
Ilustrasi pascagempa
Ilustrasi pascagempa

Bisnis.com, SOLO - Satu semburan air panas tiba-tiba muncul di Nagari Ganggo Hilia, Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat usai gempa bumi berkekuatan 6,1 SR mengguncang pada Jumat (25/2/2022) kemarin.

Dari keterangan yang ada, diungkapkan jika lokasi semburan air panas yang ada di tengah jalan itu berlokasi tak jauh dari tempat pemandian air panas di daerah tersebut.

"Akibat gempa bumi terbentuk rekahan baru. Ini termasuk fenomena geologi yang normal," cuit pemilik akun Twitter @ARGFFI, dikutip pada Sabtu (26/2/2022).

Sementara itu, Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, turut memberi konfirmasi atas sebab semburan air panas baru tersebut.

Lewat keterangan yang dibagikannya juga di media sosial, Daryono menduga lokasinya itu dekat jalur sesar aktif, sehingga terdapat hot spring atau mata air panas.

"Bebebapa reservoir air panas memang umumnya ditemukan di area sesar aktif. Seperti daerah Pasaman ini, wajar jika terdapat mata air panas karena memang zona tektonik aktif dan terdapat jalur-jalur sesar," kata Daryono.

Dia menduga guncangan gempa di Pasaman Barat pada Jumat pagi telah menghasilkan rekahan itu hingga memunculkan semburan air panas di Bonjol.

"Saat terjadi gempa maka akan terganggu reservoir-nya dan air panas tersebut keluar melalui zona lemah yang rekah akibat guncangan kuat gempa bumi," kata Daryono.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa pasaman barat

Sumber : Tempo

Editor : Aliftya Amarilisya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top