Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HUT ke-50 Basarnas, Jokowi Pesan Lima Hal Ini

Jokowi menegaskan beberapa hal kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada hari ulang tahun ke-50.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  10:33 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (9/2 - 2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat / BPMI Setpres
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022, Rabu (9/2 - 2022), secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat / BPMI Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan beberapa hal kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) pada hari ulang tahun ke-50.

"Pertama, perbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi. Ini wajib," katanya dalam acara Rakernas Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan secara virtual, dikutip dari YouTube Setpres, Senin (21/2/2022).

Menurutnya, teknologi SAR sudah berkembang cepat dan canggih sehingga bisa membantu, memproyeksi, dan menanalisa secara cepat dan akurat.

"Basarnas tidak boleh ketinggalan dalam hal teknologi, harus cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi SAR yang terkini," imbuhnya.

Kedua, Basarnas harus terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya sehingga memiliki keahlian yang relevan dengan situasi tetkini.

Ketiga, Basarnas harus memperkuat sinergi dan kolaborasi semua pihak terkait seperti kementerian/lembaga, TNI/Polri, Badan Usaha, hingga organisasi masyarakat.

"Libatkan seluruh elemen masyarakat dan seluruh potensi lainnya. Buang jauh go sektoral,  semua harus bersinergi dalam operasi kemanusiaan," kata Jokowi.

Keempat, Basarnas harus memperkuat pencegahan atau mitigasi dan antisipasi terhadap setiap potensi bencana atau kondisi kedaruratan lainnya.

Jokowi menekankan pentingnya edukasi dan latihan SAR yang masif di masyarakat, terutama di daerah-daerah rawan bencana.

"Terakhir, saya berharap Rakernas ini bisa menghasilkan gagasan-gagasan yang inovatif, yang implementatif, terobosan penting untuk meningkatkan pelayanan Basarnas bagi masyarakat," kata Presiden.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi basarnas
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top