Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

5 Tips dan Trik Lulus SNMPT 2022. Masuk Kampus Impian? It's My Dream!

Lakukan 5 tips dan trik agar lulus Seleski Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022.
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020)./Antara
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Seleski Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN 2022 sudah mulai dibuka sejak 10 Januari 2022 untuk registrasi akun LTMPT. Simak 5 Tips dan Trik Lulus SNMPT 2022.

Dikutip dari laman resmi ltmpt.ac.id, registrasi akun LTMPT untuk siswa sudah dimulai dari 10 Januari sampai 15 Februari 2022. Pembuatan akun LTMPT merupakan langkah awal untuk mengikuti rangkaian SNMPTN pada tahun ini.

Perlu diketahui, seleksi ini tidak harus melakukan ujian, sebab melihat dari presentase nilai raport dari sekolah kamu. Untuk kouta masuk sendiri perbandingan jumlah peserta dan yang diterima sangat sedikit. Tercatat pada SNMPTN 2021 diikuti sebanyak 595.093 peserta dan hanya110.495 peserta yang dinyatakan lolos seleksi.

Berikut 5 tips dan trik agar lulus SNMPT 2022. Masuk Kampus Impian? It's My Dream!

1. Tentukan Jurusan yang Ingin Dipilih

Ini merupakan ahap pertama dan terakhir. Kamu harus memilih untuk masuk ke jurusan yang diinginkan. Sesuaikan dengan minat dan bakat. Jangan pernah pilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan teman.


2. Pelajari Detail Jurusan Yang Ingin Dipilih

Setelah memilih jurusan apa yang kamu minati, liat juga detailnya. Mulai dari daya tampung dari jurusan, jumlah siswa yang mendaftar pada jurusan yang dipilih, serta jumlah pendaftar dan yang diterima pada jurusan yang dipilih.

Dari data-data di atas, kamu bisa menyimpulkan beberapa hal pokok sebagai pertimbangan mendaftar. Salah satu informasi umum yang perlu kamu ketahui, yaitu jurusan Ilmu Komunikasi UI merupakan kelompok jurusan SOSHUM yang mana daya tampung untuk tahun 2021 sebanyak 14 mahasiswa.

Daftar Jurusan yang dapat memilih program studi ilmu komunikasi UI adalah SMA/MA IPA dan IPS. Jadi untuk SMK disarankan tidak memilih jurusan ini.

Sebaran siswa diterima pada tahun 2016 sebanyak 32 siswa (1,56 persen), 2017 sebanyak 30 siswa (2,3 persen), tahun 2018 sebanyak 30 siswa (2,33 persen), tahun 2019 sebanyak 30 siswa (3,82 persen), dan tahun 2020 sebanyak 16 siswa (1,99 persen).

3. Ketahui Indeks Sekolah

Pada dasarnya PTN tidak mengeluarkan data tentang indeks tiap sekolah. Utuk bisa mengetahuinya, kamu bisa aktif bertanya ke guru Bimbingan Konseling (BK) tentang sebaran alumni di PTN seluruh Indonesia.

4. Daya Tampung serta Daya Saing

Pertimbangan ini bertujuan untuk memaksimalkan peluang pada pilihan kedua. Kamu harus memposisikan kampus serta jurusan dengan keketatan tertinggi pada pilihan pertama. Usahakan cermat dalam melakukan pengamatan agar dapat lolos pada SNMPTN tahun ini.

5. Berdoa

Terakhir dan tidak boleh dilewatkan adalah berdoa. Setelah usaha yang dilakukan untuk menuju kelulusan di SNMPTN, berdoa kepada Tuhan YME menjadi kunci untuk membantu melancarkan proses tersebut.

Jangan lupa untuk meminta doa restu orang tua agar kamu bisa menjalani proses seleksi hingga pengumuman dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper