Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pameran Revolusi! Kemerdekaan RI di Amsterdam, Tampilkan Potret Tanja Dezentje

Pameran "Revolusi! Kemerdekaan Indonesia" di Rijksmuseum Amsterdam akan digelar pada 11 Februari hingga 6 Juni 2022 mendatang. Salah satu karya yang ditampilkan adalah lukisan sosok Tanja Dezentje.
Tanja Dezentje/Instagram @rijksmuseum
Tanja Dezentje/Instagram @rijksmuseum

Bisnis.com, SOLO - Kurator Indonesia bersama dengan pemerintah Belanda akan menyelenggarakan Proyek Pameran "Revolusi! Kemerdekaan Indonesia" pada 11 Februari hingga 6 Juni 2022 di Rijksmuseum Amsterdam dan 2023 di Museum Nasional Indonesia.

Dikutip dari Tempo, Sabtu (5/2/2022), Pameran "Revolusi! Kemerdekaan Indonesia" ini akan menampilkan karya seni, dokumen, arsip, foto, sampai dengan benda koleksi pribadi yang mampu membawa perspektif berbeda dalam memandang Masa Revolusi Indonesia 1945-1949.

Lukisan yang memperlihatkan sosok Tanja Dezentje adalah salah satunya. Dilansir dari akun Instagram Rijksmuseum, ia adalah warga negara Indonesia sekaligus utusan yang mempromosikan kemerdekaan Indonesia di dunia.

Berdasar informasi yang ada, potret tersebut dilukis oleh Sudarso pada tahun 1947.

Di sisi lain, pameran tersebut juga akan menampilkan semangat hidup dan gairah membangun Indonesia yang lebih baik.

“Kami harap para pengunjung bisa mengikuti periode ini lewat sudut pandang mereka,” ujar Harm Stevens selaku kurator Rijksmuseum Amsterdam, dikutip dari Tempo.

Selain itu, akan terdapat pula sesi diskusi dan webinar yang guna menjangkau khalayak luas, terutama audiens dari Indonesia.

Lepas dari itu, pihak penyelenggara mengatakan bahwa pemeran ini digarap dengan persiapan yang sangat matang. Beragam riset pun digelar di Indonesia dan Belanda guna mengumpulkan data dan objek-objek sejarah terkait dengan revolusi Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper