Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Sukses Seperti Ainun Najib? Ini Jurusan Kuliah Data Science di Indonesia

Anda ingin sukses seperti Ainun Najib untuk berkarier sebagai data scientist? Ini beberapa jurusan kuliah data science di kampus Indonesia.
Ilustrasi jurusan data science/Kaskus
Ilustrasi jurusan data science/Kaskus

Bisnis.com, JAKARTA - Nama Ainun Najib, generasi muda Nahdlatul Ulama (NU), tengah menjadi perhatian masyarakat setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memintanya untuk pulang dan berkarya di Indonesia.

Jokowi melihat potensi luar biasa yang dimiliki oleh Ainun Najib. Bahkan, Presiden meminta Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk menego gaji Ainun Najib yang kini berkarier sebagai praktisi teknologi informasi atau data scientist di salah satu perusahaan di Singapura.

Lantas, berapa perkiraan gaji seorang praktisi teknologi informasi tersebut? Ainun Najib yang juga lulusan Universitas Teknologi Nanyang Singapura mengunggah tangkapan layar kisaran gaji praktisi data science.

Melansir dari Pay Scale pada Jumat (4/2), rata-rata pendapatan seorang data scientist di Singapura mencapai 57.655 dolar Singapura atau sekitar Rp616 juta per tahun (dengan rata-rata kurs Rp10.703 per dolar Singapura).

Anda tertarik mengikuti jejak Ainun Najib untuk berkarier sebagai data scientist? Ini beberapa jurusan kuliah di kampus Indonesia yang dapat mengakomodasi bidang data science seperti dikutip dari situs Universitas Multimedia Nusantara, Jumat (4/2/2022).

1. Statistika

Statistik merupakan kumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau masalah tertentu dan disajikan dalam bentuk tabel, diagram, atau bentuk lainnya agar mudah dipahami, sedangkan Statistika merupakan ilmu yang mempelajari Statistik itu sendiri.

Melalui jurusan ini, Anda akan diajarkan proses mengumpulkan, mengelola, menganalisis, menyajikan, hingga menarik kesimpulan data yang ada. Secara umum, Statistik mempelajari logika yang terjadi di masa lampau untuk mengambil keputusan di masa mendatang.

2. Sistem Informasi

Sistem Informasi merupakan suatu bidang yang mendalami tentang cara membuat dan pengoperasian perangkat lunak serta keras untuk berinteraksi dengan data. Jurusan ini juga akan mengajarkan landasan ilmu pengetahuan dan penerapan Teknologi Informasi dalam suatu organisasi. Selain itu, Anda juga akan belajar mengenai pengumpulan, penyaringan, dan pendistribusian data.

Melalui Sistem Informasi, Anda akan belajar mengenai struktur data, algoritma, basis data, dan dasar-dasar pemrograman. Kemudian, Anda akan dibekali berbagai kompetensi di bidang tersebut agar dapat memberikan solusi yang optimal terkait Sistem Informasi ataupun penyaringan data.

3. Teknik Komputer

Teknik komputer tidak selalu merakit laptop atau komputer saja. Melalui jurusan Teknik Komputer, Anda akan belajar banyak tentang algoritma, pemrograman, rekayasa perangkat lunak, keamanan komputer, dan sebagainya.

Sementara itu, tidak hanya tersedia di jurusan kuliah, Anda juga bisa mulai mendalami Teknik Komputer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kemudian, pelajaran Teknik Komputer akan 20 hingga 30 persen berhubungan dengan Matematika.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper