Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Moeldoko Yakin Pemilu 2024 Tak akan Ganggu Penanganan Pandemi Covid-19

Moeldoko mengatakan Presiden Jokowi sangat konsen dengan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  15:19 WIB
Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko saat memimpin Rapat Koordinasi Rencana Produksi Ventilator Dalam Negeri di Situation Room Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/4/2020). - KSP
Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko saat memimpin Rapat Koordinasi Rencana Produksi Ventilator Dalam Negeri di Situation Room Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/4/2020). - KSP

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengaku yakin bahwa agenda pemilihan umum (Pemilu) 2024 tidak akan menganggu upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19.

Moeldoko memastikan bahwa pemerintah akan tetap serius mengendalikan pandemi Covid-19. Apalagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat menaruh perhatian besar terhadap penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Hal ini dibuktikan melalui evaluasi terus dilakukan setiap pekannya.

"Presiden sangat konsen, buktinya apa, setiap minggu Presiden selalu melakukan evaluasi [penanganan pandemi]," kata Moeldoko kepada wartawan, Rabu (12/1/2022).

Moeldoko juga menyampaikan Presiden Jokowi selalu memantau serta melihat perkembangan kasus Covid-19 di negara lain.

Dia mengungkapkan, pemantauan tersebut juga disertai dengan langkah-langkah untuk mencegah penambahan kasus, khususnya risiko penularan dari pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)

"Lebih ketat lagi karantinanya dan langkah-langkah apa itu testingnya, PCR, lebih kuat agar tidak lagi terjadinya transmisi baik itu oleh PPLN, maupun oleh masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi telah memutuskan bahwa vaksin dosis ketiga atau vaksin booster Covid-19 akan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Dia menyatakan pemberian vaksin booster secara gratis dilakukan demi keselamatan seluruh masyarakat Indonesia dari risiko terpapar Covid-19, khususnya di tengah penyebaran varian Omicron.

“Upaya (vaksinasi booster) ini penting dilakukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh masyarakat mengingat virus COVID-19 yang terus bermutasi. Untuk itu, saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia, karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” kata Jokowi dalam keterangan pers, Selasa (11/1/2022).

Jokowi menyampaikan, vaksinasi booster diberikan kepada kelompok masyarakat yang telah memperoleh dosis lengkap minimal selama enam bulan.

“Syarat dan ketentuan yang dibutuhkan untuk menerima vaksinasi ketiga ini adalah calon penerima sudah menerima vaksin Covid-19 dosis kedua lebih dari enam bulan sebelumnya,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi moeldoko Covid-19 Pemilu 2024 pandemi corona
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top