Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Moeldoko: Pemerintah Jamin Stok Vaksin Covid-19 untuk Booster Aman

Moeldoko menyatakan pemerintah akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk menyukseskan program vaksin booster Covid-19.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Januari 2022  |  13:59 WIB
Moeldoko: Pemerintah Jamin Stok Vaksin Covid-19 untuk Booster Aman
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko memastikan stok dosis vaksin Covid-19 untuk program vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster aman dan mencukupi kebutuhan.

"Kita memiliki persediaan vaksin yang cukup besar, cukup besar, cukup. Ada memang vaksin yang diantisipasi itu kedaluwarsa, itu Pak Menteri Kesehatan sudah melaporkan kepada Pak Presiden, jumlahnya sudah jelas semuanya," kata Moeldoko kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Sekadar informasi, vaksinasi booster atau vaksinasi dosis ketiga bagi masyarakat umum mulai dilaksanakan mulai Rabu (12/1). 

Lebih lanjut, dia menyebutkan untuk mencegah vaksin kedaluwarsa, pemerintah terus berupaya mempercepat vaksinasi. Adapun, dosis vaksin Covid-19 yang mendekati tanggal kedaluwarsa pun akan diprioritaskan penggunaannya.

"Ada sejumlah vaksin yang akan expired tanggal sekian nanti, nah itu akan diprioritaskan," ujarnya.

Kendati demikian, Moeldoko menegaskan, vaksin yang sudah kedaluwarsa tidak akan digunakan dalam program vaksinasi dosis ketiga.

Moeldoko melanjutkan, pemerintah akan mengerahkan seluruh kekuatan negara untuk menyukseskan program vaksinasi booster, tidak hanya dari unsur Kementerian Kesehatan, tetapi juga TNI, Polri, hingga Badan Intelijen Negara (BIN).

Dia mengatakan meski cakupan vaksinasi di Indonesia sudah cukup tinggi yaitu mencapai 284 juta dosis, tapi capaian ini belum merata di seluruh Indonesia. Menurutnya, ada setidaknya 4 wilayah yang kecepatan vaksinasinya perlu dikebut yakni Papua, Papua Barat, Aceh, dan Maluku.

Moeldoko mengatakan, pemerintah akan bekerja keras, baik untuk pemerataan vaksin maupun vaksinasi booster.

"Vaksin diberikan kepada masyarakat Indonesia untuk merespons ini dengan positif karena Omicron di depan mata. Jangan kita abai, ini kesempatan pemerintah untuk memberikan kepada masyarakat secara baik," ungkap Moeldoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Vaksin Covid-19 Vaksin Booster Vaksin Booster Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top