Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Siap-Siap! PPKM akan Diperketat, Imbas Omicron Masuk Indonesia

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan pengetatan PPKM akan diterapkan di daerah masing-masing untuk membendung penyebaran Covid-19 varian Omicron.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Desember 2021  |  16:07 WIB
Siap-Siap! PPKM akan Diperketat, Imbas Omicron Masuk Indonesia
Pengendara melintasi ruas jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (6/12/2021). Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung mewacanakan kembali menutup 10 titik ruas jalan raya di Kota Bandung pada saat Libur Natal dan Tahun baru guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 pada PPKM level 3 serentak se-Indonesia. ANTARA FOTO/Novrian Arbi - aww.

Bisnis.com, BALI — Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menyampaikan sejumlah strategi yang akan dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran Omicron makin meluas di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memperketat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Wapres mengatakan pengetatan PPKM akan diterapkan untuk membendung penyebaran varian Omicron agar tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 seperti saat varian Delta masuk ke Indonesia.

“PPKM akan diperketat di daerah sesuai level. Kalau level ini kan bisa naik turun. Oleh karena mungkin sampai Januari itu tidak ada daerah yang diturunkan [levelnya]. Meskipun, [ada daerah] yang tidak [menerapkan] level 3, tetapi pengetatan ini tetap bisa dilakukan,” kata Wapres di Bali Nusa Dua Convention Center, Jumat (17/12/2021).

Lebih lanjut, Wapres mengatakan bahwa akses masuk ke Indonesia bagi pelaku perjalanan internasional juga akan diperketat.

“Saya kira pertama tentu, [pemerintah akan] memperketat masuknya berbagai pintu masuk dari udara, laut, maupun darat jangan sampai mereka [varian omicron] itu lolos,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ma’ruf memerinci langkah kedua yang akan dilakukan pemerintah adalah memperketat protokol kesehatan dan upaya 3T atau tindakan melakukan tes Covid-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien (treatment).

“Selain pintu masuk, kedua kita akan memperketat prokes (protokol kesehatan) terutama masker kemudian juga menggencarkan fungsi PeduliLindungi yang menyangkut testing tracing,” katanya.

Tidak hanya itu, Wapres mengatakan bahwa pemerintah akan mempercepat akselerasi vaksin Covid-19 untuk masyarakat.

“Vaksinasi juga akan dipercepat. Bahkan kita Januari [2022] ini akan masuk tahap booster, ini penting [dilakukan],” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona wapres ma'ruf amin Covid-19 PPKM omicron
Editor : Fitri Sartina Dewi

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top