Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar 10 Tren Lapangan Kerja Baru Menurut Kominfo

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate berharap mahasiswa yang sudah lulus dapat bersaing di dunia kerja, terutama dalam lapangan pekerjaan baru yang muncul di era industri 4.0.
Restu Wahyuning Asih
Restu Wahyuning Asih - Bisnis.com 09 Desember 2021  |  05:43 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\r\n\r\n
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyampaikan paparannya saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi I DPR tentang perkembangan persiapan pelaksanaan digitalisasi penyiaran (ASO) di komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/11/2021). - Antara\\r\\n\\r\\n

Bisnis.com, SOLO - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, ada 10 tren lapangan kerja baru yang muncul di era industri 4.0.

Saat memberikan pidato di acara lulusan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta, Ia berharap para generasi mudah dapat memanfaatkan peluang pekerjaan tersebut. Terutama di sektor industri teknologi digital.

Mengutip Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum Tahun 2021, Menteri Johnny menyatakan perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan makin meningkat di Indonesia.

10 jenis pekerjaan baru itu yakni:

1. Data analyst and scientist,
2. Big data specialist,
3. Artificial intelligence dan machine learning specialist,
4. Digital marketing and strategy specialist,
5. Renewable energy engineer,
6. Process automation specialist,
7. Internet of things specialist,
8. Digital transformation specialist,
9. Business services and administration manager,
10. Business development professional.

Menghadapi era revolusi industri 4.0, Menkominfo selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional.

Oleh karena itu, Menteri Johnny mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah.

Kepada wisudawan, Menkominfo mendorong agar ilmu, pengalaman dan keahlian serta asas-asas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah diperoleh selama masa studi dapat menjadi bekal dan pedoman dalam perjalanan karier profesional.

Bahkan, Menteri Johnny mengharapkan mahasiswa, khususnya lulusan STMM, dapat melahirkan berbagai solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Menteri Johnny juga mengharapkan agar bonus demografi di Indonesia kelak harus dimanfaatkan dengan baik melalui pembentukan generasi muda sebagai agent of change dan pemimpin masa depan yang hebat.

“Jadilah generasi muda yang adaptif, yang inovatif, serta tetap mempertahankan etika dan moral akademik dalam semangat kebhinekaan Indonesia. Niatkan hati untuk membangun ibu pertiwi, perkuat kolaborasi dan sinergi wujudkan Indonesia terkoneksi, makin digital, makin maju,” ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo kemenkominfo pekerjaan
Editor : Restu Wahyuning Asih

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top