Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei Indikator: Sandiaga Uno Jadi Cawapres Terfavorit pada 2024

Elektabilitas Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno menjadi yang tertinggi sebagai calon Wapres berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia.
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku./istimewa
Sandiaga Uno Dukung Grand Opening Kisaku./istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Elektabilitas Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno menjadi yang tertinggi sebagai calon wakil presiden (wapres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia.

Hasil survei per 5 Desember 2021 tersebut menunjukkan Sandi dipilih 20,4 persen responden dan mengungguli 29 nama lainnya.

Diurutan kedua diisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan perolehan 13,0 persen. Kemudian, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan perolehan 8,5 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 8,0 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir 6,4 persen.

Lebih lanjut, ketika dikeructkan menjadi 12 nama calon wapres, Sandi tetap unggul dengan 30,6 persen, disusul Ridwan Kamil 13,2 persen, dan Erick Thohir 10,2 persen.

Namun, nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) justru menyusul di urutan selanjutnya dengan elektabilitas 9,3 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan perolehan 6,0 persen.

Sebenarnya, ada nama Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam bursa calon wapres dalam survei ini.

Namun, dibandingkan 12 nama calon yang ada, hanya 4,4 persen responden yang memilih Puan sebagai Wapres.

Kendati demikian, PDI Perjuangan justru menjadi partai yang paling banyak dipilih responden dengan perolehan 26,4 suara.

Sementara itu, Gerindra menyusul dengan 15,2 persen, Golkar 10,6 persen, Demokrat 10,0 persen, dan PKB 7,2 persen.

Adapun, Indikator melakukan survei pada 2 November sampai 6 November. Metode populasi yaitu mereka yang punya hak pilih atau sudah menikah dengan wawancara tatap muka.

Sampel sebanyak 2.020 responden dengan rincian basis 1.220 orang dan oversampel sebanyak 800 di 10 provinsi Sumatra menggunakan simple random sampling.

Ukuran basis 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan kurang lebih 2,9 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper