Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Fakta Perayaan Deepavali, Festival Cahaya Meriah di India

Diwali atau Deepavali adalah salah satu festival keagamaan dalam agama Hindu yang juga dikenal sebagai festival cahaya.
Ilustrasi Diwali/Pexels.com
Ilustrasi Diwali/Pexels.com

Bisnis.com, SOLO - Perayaan Deepavali atau Diwali kembali tiba. Pada tahun 2021 ini, festival keagamaan tersebut telah berlangsung sejak Selasa (2/11/2021) kemarin dan akan berakhir pada Sabtu (6/11/2021) mendatang.

Adapun perayaan Deepavali ini sendiri biasanya diperingati dengan meriah dan penuh dengan cahaya, baik dari lampu ataupun lilin.

Oleh sebab itu, tak heran jika festival ini juga dikenal sebagai festival kemenangan cahaya atas kegelapan yang mana juga memiliki filosofi perluasan kebaikan atas kejahatan.

Terkait hal tersebut, berikut sejumlah fakta tentang Diwali atau Deepavali.

1. Dirayakan selama 5 hari

Festival ini dirayakan selama 5 hari di mana setiap harinya dikaitkan dengan tradisi dan sarana perayaannya sendiri. Masing-masing hari perayaan memiliki nama masing-masing, yaitu hari pertama adalah Dhanteras, hari ke-2 adalah Naraka Chaturdashi, hari ke-3 adalah Lakshmi Puja, hari ke-4 adalah Annakut, dan hari terakhir adalah Bhai Duj.

Menariknya lagi, tanggal perayaan setiap tahun ini pun selalu berubah-ubah sesuai dengan kalender lunisolar Hindu. Namun, ia biasanya jatuh antara pertengahan Oktober dan pertengahan November.

2. Turut dirayakan oleh penganut Jain dan Sikh

Tak hanya menjadi festival keagamaan agama Hindu, Diwali juga dirayakan oleh penganut Jain dan Sikh. Jain merayakan Diwali sebagai hari di mana Dewa Mahavir mencapai Nirwana, sedangkan Sikh merayakannya sebagai hari di mana Guru Hargobind dibebaskan dari penjara.

3. Berhubungan dengan dewi kemakmuran, Lakshmi

Mitologi India bisa dibilang begitu luas, sehingga ada banyak dewa yang dirayakan pada saat Diwali. Namun, yang paling menonjol dari semua ini adalah Lakshmi sang dewi kecantikan, keberuntungan, dan kemakmuran. Nah, dalam perayaan Diwali akan ada upeti dan kegiatan menyembah Lakshmi sepanjang liburan dengan harapan menyambut keberuntungan di tahun mendatang.

4. Dalam bahasa Sansekerta berarti barisan cahaya

Dalam bahasa Sansekerta, Deepavali secara harfiah memiliki arti barisan lampu. Oleh sebab itu, jangan heran jika selama festival Anda akan disuguhi pemandangan cahaya dari lampu minyak dan lampu yang digantung, serta kembang api dan petasan. Konon, banyak yang percaya bahwa cahaya tersebut memandu Dewi Lakshmi ke rumah-rumah untuk membawa keberuntungan.

5. Menjadi hari libur nasional

Diwali menjadi hari libur nasional di 11 negara, yakni Fiji, Guyana, Malaysia, Mauritius, Myanmar, Nepal, Singapura, Sri Lanka, Suriname, Trinidad, dan Tobago.

6. Telah dirayakan lebih dari 2.500 tahun

Deepavali telah dirayakan selama hampir tiga milenium. Meski begitu cukup sulit untuk menentukan asal-usulnya secara pasti karena ia dikaitkan dengan begitu banyak agama dan mitologi yang berbeda. Kendati demikian, sejarah yang luas ini merupakan bukti kedalaman dan kekayaan warisan budaya India.

7. Memiliki kesamaan dengan Natal

Diwali menjadi hari libur terbesar di India. Uniknya, ia sering kali disejajarkan dengan hari Natal di Barat. Dalam hal ini, Diwali menjadi waktu untuk berkumpul dengan keluarga, mengambil cuti seminggu, dan mengatur ulang diri untuk tahun baru yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper