Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benarkah Tutup Hidung dengan Bawang Putih Bisa Keluarkan Lendir di Paru-paru?

Bawang putih adalah salah satu makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun apakah ia bisa mengeluarkan lendiri dari paru-paru? Berikut faktanya.
Bawang putih/Antara
Bawang putih/Antara

Bisnis.com, SOLO - Sebuah narasi tentang khasiat bawang putih kembali beredar melalui pesan berantai di aplikasi WhatsApp.

Dalam pesan tersebut dikatakan bahwa menutup hidung dengan bawang putih dapat membantu tubuh mengeluarkan lendir dari paru-paru.

Lebih lanjut, dijelaskan pula bagaimana cara menggunakan bawang putih tersebut agar efektif saat mengeluarkan lendir, yakni dengan memasukkan satu siung ke masing-masing lubang hidung.

"*Selepas 15-20 minit, angkat bawang putih.*
Kemudian, banyak lendir di paru-paru akan keluar dari hidung..*"

Akan tetapi, benarkah langkah tersebut dapat mengeluarkan lendir dari paru-paru? Berikut penjelasannya dilansir dari Antara.

Penjelasan:
Dokter Alghufron dari Rumah Sakit Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat, langsung membantah hal tersebut.

Menurutnya, bawang putih yang diletakkan ke dalam hidung adalah hal yang keliru.

Alih-alih menyembuhkan penyakit, yang terjadi justru sebaliknya dan dapat menimbulkan iritasi. Lebih jauh, seseorang pun berisiko pingsan akibat kekurangan oksigen karena lubang hidungnya tertutup bawang.

Alghufron lalu menjelaskan bahwa peletakkan bawang putih di hidung malah akan merangsang organ pernafasan untuk memproduksi cairan lebih banyak lagi.

Dengan demikian, lendir yang keluar dari hidung bukanlah cairan dari paru-paru, melainkan bentuk mekanisme pertahanan tubuh.

"Justru karena tubuh kita ini lagi merasa, 'Wah, bahaya nih ini. Ada yang menyumbat saluran pernafasan kita nih. Ini ada sesuatu yang sifatnya iritatif nih, bisa bikin iritasi nih,' makanya sebagai mekanisme pertahanan tubuh, akhirnya terproduksilah itu tadi lendir-lendir, ingus gitu," ucapnya.


Klaim: Tutup hidung dengan bawang putih dapat keluarkan lendir dari paru-paru
Rating: Salah/hoaks

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper