Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ibu Mertua SBY Meninggal, Anies Kenang Almarhum Letjen Sarwo Edhie

Sunarti Sri Hadiyah meninggal karena sakit dan akan dimakamkan di Purworejo.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 21 September 2021  |  07:54 WIB
Ibu Mertua SBY Meninggal, Anies Kenang Almarhum Letjen Sarwo Edhie
Sunarti Sri Hadiyah, istri almarhum Letnan Jendral Sarwo Edhie Wibowo, meninggal dalam usia 91 tahun pada Senin (20/9/2021) di Jakarta. - Instagram @aniesbaswedan\\r\\n
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri melayat  istri almarhum Letjen Sarwo Edhie yang juga mertua dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Hj. Sunarti Sri Hadiyah binti Danu Sunarto.

Dikutip dari akun Instagram Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono @agusyudhoyono, bahwa almarhum meninggal pada Senin (20/9/2021) pukul 17.45 WIB karena sakit.

“Takziyah Ibu Sunarti Sri Hadiyah, seorang wanita yang menjadi pendamping hidup dari seorang perwira legendaris: Letnan Jenderal Sarwo Edhie Wibowo,” tulis Anies di akun Instagram @aniesbaswedan.

Sepulang takziyah, Anies teringat kejadian November 1989.

Waktu itu, dirinya masih kuliah semester 1 di FE-UGM, mendengar bahwa Letjen Sarwo Edhie meninggal di Jakarta dan akan dimakamkan di Purworejo.

“Langsung bersiap untuk takziyah. Naik vespa ke kosan Iqbal di daerah Kadipiro, sisi barat Kota Yogyakarta. Iqbal adalah teman kuliah yang juga sekelas sejak SMA. Lalu kami naik bus dari tepi jalan Wates Yogyakarta ke Purworejo untuk melayat,” tulisnya.

Turun di Purworejo,  mereka bertanya lokasi pemakaman. Untung, ujarnya, orang-orang di sana tahu dan bersiap menyambut kedatangan jenazah.

“Kami berjalan kaki sampai akhirnya tiba di lokasi pemakaman.”

Upacara di pemakaman dipimpin Pangdam Diponegoro Mayjen Wismoyo Arismundar.

Hari itu, Anies dan temannya dating khusus untuk menghantar ke pemakaman sebagai rasa hormat pada seseorang yang telah mengabdikan dirinya untuk Republik di masa-masa genting di pertengahan dekade 1960-an.

Kini, 32 tahun kemudian, istri almarhum Sarwo Edhie Wibowo yaitu Ibu Sunarti wafat dalam usia 91 tahun. Jenazah akan dibawa ke Purworejo untuk dimakamkan di sana, di samping makam suaminya.

“Kita doakan almarhumah husnul khatimah, dilipatgandakan pahalanya dan dimuliakan di sisi Allah SWT,” tambah Anies.

Adapun, Sunarti Sri Hadiyah merupakan ibunda dari Kristiani Herrawati atau yang biasa dipanggil Ani Yudhoyono, mendiang istri SBY. Pernikahan almarhumah dengan Letnan Jenderal TNI (Purn.) Sarwo Edhie Wibowo dianugerahi 7 anak yaitu Wijiasih Cahyasasi, Wrahasti Cendrawasih, Kristiani Herrawati, Mastuti Rahayu, Pramono Edhie Wibowo, Retno Cahyaningtyas, dan Hartanto Edhie Wibowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sby Anies Baswedan Sarwo Edhi Wibowo
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top