Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta: Viral Video Megawati Soekarnoputri Dikabarkan Meninggal Dunia

Isu Megawati sakit memang mengundang perhatian. Pada pekan lalu, wanita yang kini berusia 74 tahun itu dikabarkan sakit dalam kondisi kritis.
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri./Dok.PDIP

Bisnis.com, JAKARTA – Warganet tengah gempar lantaran beredar sebuah sebuah video viral di TikTok yang menarasikan Presiden Republik Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri meninggal dunia.

Menurut pantauan Bisnis, melalui berbagai sumber setelah diisukan sakit, kabar Megawati meninggal dunia yang diunggah oleh akun TikTok, @jatim070881 tersebut adalah hoaks.

Video itu menunjukkan beberapa cuplikan gambar Megawati yang disertai narasi suara video yang berbunyi PDIP berduka cita atas meninggalnya Ketua Umum PDIP yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri.

Adegan berlanjut dengan gambar politisi PDIP Henry Yosodiningrat menyampaikan belasungkawa dari para politisi dari PDI atas perjuangannya dan mereka yang banyak belajar dari almarhum yang turut meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat baik sangat mendalam.

Namun, unggahan video memperlihatkan Henry Yosodiningrat seolah menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya Megawati tersebut sebenarnya adalah video lama yang kemudian dipotong.

Video asli dari potongan video tersebut merupakan ucapan belasungkawa Henry atas meninggalnya Nazarudin Kiemas, yang merupakan adik dari almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Video asli itu telah diunggah akun Youtube Lintas Parlemen dengan judul Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA dan merupakan video lama yang diunggah pada 5 April 2019.

Adapun, hingga saat ini, unggahan tersebut sudah dibagikan ulang lebih 13,5 ribu kali, disukai lebih 22,3 ribu pengguna, dan lebih dari 4.652 komentar. Unggahan tersebut juga telah dilihat hingga 1,5 juta kali.

Untuk diketahui, Megawati adalah Presiden RI ke-5 yang menggantikan Gus Dur yang diberhentikan dalam Sidang MPR. Megawati tercatat sebagai presiden wanita pertama di Indonesia.

Pemilik nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri ini merupakan putri Presiden RI pertama, Soekarno. Megawati menjadi ketua umum PDI-P sejak tahun 1999.

Isu Megawati sakit memang mengundang perhatian. Pada Jumat (10/9/2021), wanita yang kini berusia 74 tahun itu membantah kabar bahwa dirinya sedang dirawat dan kondisi kritis karena stroke.

Megawati tampil di depan publik saat membuka sekolah partai  untuk kader madya DPP PDIP secara virtual. Dia awalnya menyebut harus 'mejeng' sesuai permintaan sang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di acara  pembukaan itu. Sebab, isu dan hoaks beredar kencang dalam dua hingga tiga hari terakhir, bahwa Megawati sedang kritis serta dirawat di RSPP Jakarta.

"Alhamdulillah saudara-saudara sekalian, anak-anakku, dan termasuk rekan-rekan pers yang juga banyak menanyakan kondisi saya beberapa hari lalu, makanya saya disuruh mejeng, ya beginilah saya. Masih tetap aktif," kata Megawati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper