Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Menghafal Asmaul Husna yang Mudah dan Cepat

Asma’ul Husna sendiri sebenarnya memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri, banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 08 September 2021  |  09:44 WIB
Cara Menghafal Asmaul Husna yang Mudah dan Cepat
99 Asmaul Husna - symbianplanet.net
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asmaul husna merupakan 99 nama-nama indah milik Allah SWT, yang menunjukkan sifat kebesaran dan kehebatan Allah SWT.

Berdasarkan namanya asmaul husna terdiri dari dua kata yaitu asma yang berarti nama sedangkan husna memiliki arti indah atau baik.

Sering sekali kita mendengar pembacaan Asma’ul Husna (nama-nama indah Allah) dalam doa-doa, di antaranya doa Ismul A’dham yang masyhur. Sebagian Asma’ul Husna pun ada yang diamalkan secara khusus, dengan diwiridkan dalam jumlah tertentu sesuai ijazah yang diberikan oleh gurunya. 

Namun adanya ijazah wirid maupun tidak bukan suatu masalah untuk mengamalkannya. Karena zikir dan wirid adalah amalan yang dianjurkan Allah Swt dan Rasul-Nya.

Asma’ul Husna sendiri sebenarnya memiliki keutamaan-keutamaan tersendiri, banyak rahasia dan manfaat yang terkandung di dalamnya. Apalagi jika sudah terbiasa mengimplementasikan Asma’ul Husna dalam sikap kesehariannya, seperti sifat Rahman yang artinya Maha Penyayang, maka bentuk pengimplementasiannya adalah dengan menyayangi seluruh mahluk-mahluk Allah

Membaca atau menghafal asmaul husna memiliki banyak keutamaan dan juga keistimewaan apabila diamalkan dalam keseharian khususnya ketikan sedang berdoa memohon pertolongan kepada Allah SWT. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis yang artinya, "Sesungguhnya Allah Swt memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Barang siapa yang menghitung atau menghafalnya, maka ia masuk surga." (HR. Bukhari).

Jika Anda ingin menghafal asmaul husna, berikut beberapa metode yang bisa dilakukan :

1. Membaca 

Metode ini cocok diterapakan untuk yang tidak suka dengan metode hafalan asmaul husna. Cukup dengan melakukan pengulangan disela-sela waktu kosong. 

2. Mendengar

Metode mendengarkan bisa dilakukan dari smartphone dan berulang setiap harinya.

3. Pakai irama

Dengan menggunakan metode irama proses menghafal lebih mudah, menyenangkan, dan lebih mudah diingat. Namun, harus disesuaikan dengan lirik dan nada yang disuka agar penghafalannya semakin mudah.

4. Metode setoran

Penerapan metode setoran dalam hafalan sangat efektif untuk diterapkan, dan bisa dilakukan antara seorang murid dan guru.

5. Menulis

Metode menulis bisa juga diterapkan dalam hafalan, untuk mempermudah seseorang dalam menelaah suatu bacaan agar lebih mudah dalam menghafal. 

6. Bertahap

Lakukan secara bertahap. Misalnya mengenalkan satu asma Allah dan artinya per hari. Agar tidak merasa terbebani dan paham, sehingga ingatan juga kuat dan berani untuk mengamalkan.

7. Membuat catatan kecil 

Tulis catatan kecil pakai note warna-warni di dinding kamar, di lokasi mudah terbaca

8. Melalui Media Internet

Youtube merupakan media yang siap membantu anda dalam menghafal nama indahNya. Sebab, tidak semua orang mudah menghafal dengan cara menghafalnya saja. Sehingga Youtube menjadi cara alternatif, untuk memberikan pemahaman lebih cepat. Dibantu dengan desain yang unik, otak akan lebih mudah untuk mencernanya.

9. Membuat Mind Map

Cara ini dilakukan, agar lebih mudah untuk menghafalnya. Buat kolom dibagi menjadi beberapa bagian, dan dibawah tulisan arab akan diberikan cara pelafalan bahasa Arabnya.

10.  Zikir Harian

Semakin banyak diucapkan, secara otomatis otak akan merekamnya. Lakukan latihan ini terus menerus, agar hasilnya sempurna.

11. Berdoa 

Perlu juga berdoa untuk dimudahkan dalam mengingat dan paham 99 Asmaul Husna dan artinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa Penghafal Alquran
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top