Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Simak 4 Alasan Pentingnya Belajar Digital Marketing

"Digital marketing membantu menjangkau konsumen yang lebih luas," kata Elita Jessamine Chandra, Dosen Jurusan Business and Entrepreneurship i3L School of Business (iSB)
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 24 Agustus 2021  |  17:34 WIB
Ilustrasi digital marketing - CC0
Ilustrasi digital marketing - CC0

Bisnis.com, JAKARTA -- Digital marketing memainkan peran penting dalam kesuksesan suatu merek. Pembatasan mobilitas membuat kanal digital menjadi salah satu pilihan sehingga sangat penting memahami cara kerja digital marketing.

“Digital marketing membantu menjangkau konsumen yang lebih luas,” kata Elita Jessamine Chandra, Dosen Jurusan Business and Entrepreneurship i3L School of Business (iSB) dalam keterangan resmi, Selasa (24/8/2021).

Berikut 4 alasan belajar digital marketing menurut Elita.

1.Pengguna internet mobile terus meningkat

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 15,5% atau bertambah 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020 lalu.

Dengan mengintegrasikan pemasaran keseluruhan dengan pemasaran digital dapat menjangkau target konsumen di seluruh platform online, melalui situs web, e-mail, SMS dan MMS, media sosial, dan aplikasi.

2.Memenangkan persaingan

Setiap pebisnis pasti ingin lebih unggul dibandingkan dengan kompetitornya. Dengan adanya digital marketing, maka pelaku bisnis dapat menemukan market yang lebih luas sesuai dengan segmentasi pasar yang telah ditentukan.

Digital marketing juga bisa membuat daftar perusahaan dengan target audiens yang sama, mulai dari jenis produk yang mereka promosikan di media sosial dan website, cara mereka menyelenggarakan campaign digital, apakah menggunakan influencer untuk melakukan promosi atau tidak, dan sebagainya.

Dan yang terpenting lagi, jika Anda mempunyai skill ini maka kalian tidak perlu lagi mencari-cari marketing agency untuk melakukan branding terhadap bisnis Kalian.

3.Membuka peluang karir masa depan

Digital marketing merupakan salah satu spesialisasi yang sangat dicari saat ini. Jika Anda menguasai digital marketing, maka Anda merupakan orang-orang yang dicari untuk mendapatkan posisi pekerjaan.

Saat ini sudah banyak perusahaan besar melirik pasar digital maka tak heran banyak sekali lowongan dengan kualifikasi memiliki skill digital marketing. Banyak penawaran untuk posisi digital marketer, iIternet marketer, online marketing specialist, SEO expert, content production, consultant marketing dan sebagainya. Artinya ini peluang bagus untuk masa depan.

4.Metode pemasaran dengan penggunaan digital lebih efektif

Metode pemasaran secara digital jauh berbeda dengan cara konvensional. Saat ini masih banyak orang yang masih menggunakan billboard atau brosur untuk meningkatkan brand awareness dalam pemasaran suatu barang dan jasa.

Namun, upaya tersebut perlahan semakin tidak efektif lagi digunakan apalagi di era digital saat ini, karena selain menghabiskan waktu dan biaya yang cukup besar, pemasaran konvensional ini juga tidak langsung menuju ke target sasaran pasar.

“Tidak hanya itu, belajar Internet marketing dalam tingkat lebih lanjut juga bisa menganalisa siapa yang menjadi audience utama dari tiap iklan yang ditayangkan pada platform Ads, sehingga kita dapat meminimalisir biaya campaign iklan,” katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digital digital marketing
Editor : Puput Ady Sukarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top