Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPATK Identifikasi Transaksi Jumbo di 500.000 Rekening Tanpa NPWP

Ratusan ribu rekening tersebut berhasil diidentifikasi berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh PPATK selama Semester 1/2021.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 23 Agustus 2021  |  15:56 WIB
PPATK Identifikasi Transaksi Jumbo di 500.000 Rekening Tanpa NPWP
Ilustrasi pencucian uang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) mengidentifikasi transaksi jumbo di 500.000 rekening yang tidak memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP).  

Rekening-rekening tersebut berhasil diidentifikasi berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh lembaga intelijen keuangan selama Semester 1/2021. Ada indikasi, transaksi itu terjadi seiring meningkatnya praktik shadow economy atau aktivitas ekonomi ilegal.

“PPATK bersama Ditjen Pajak menemukan adanya 500.000 rekening [tersebut],” demikian dikutip dari publikasi PPATK, Senin (23/8/2021).

Shadow economy saat ini menjadi konsentrasi oleh sejumlah otoritas pajak global. Pasalnya, sektor ini cukup sulit dijamah oleh kebijakan pajak. Meningkatnya aktivitas ekonomi digital dan ketidakjelasan regulasi menjadikan praktik shadow economy, penghindaran pajak, dan pencucian uang makin tak terkendali.

Adapun, terkait hal itu, PPATK telah bekerja sama dengan Ditjen Pajak untuk mengidentifikasi praktik tersebut melalui perluasan data penyedia jasa keuangan.

Selain itu, lembaga intelijen keuangan juga bekerja sama dengan Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan, dan Badan Pusat Statistik dalam mengungkap praktik trade-based money laundering (pencucian uang).

Pengungkapan trade-based money laundering juga dilakukan dengan penyedia jasa keuangan khususnya yang melakukan pemantauan transaksi pembayaran para eksportir dan importir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pajak ppatk pencucian uang npwp
Editor : Edi Suwiknyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top