Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Korupsi Masjid Sriwijaya: Alex Noerdin Dicecar Soal Uang Rp2,4 Miliar

Informasi mengenai aliran uang sebesar Rp2,4 miliar yang masuk ke kantong pribadi Alex Noerdin itu terungkap dari dua orang tersangka.
Alex Noerdin/Antara
Alex Noerdin/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin dicecar terkait dugaan aliran uang yang masuk ke kantong pribadinya sebesar Rp2,4 miliar dalam kasus korupsi proyek pembangunan Masjid Raya Sriwijaya di Palembang, Sumatra Selatan.

Pelaksana Harian Kasipenkum Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan Candra Kirana mengemukakan bahwa informasi mengenai aliran uang sebesar Rp2,4 miliar yang masuk ke kantong pribadi Alex Noerdin itu terungkap dari dua orang tersangka.

Kedua tersangka tersebut adalah eks Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Selatan Mukti Sulaiman dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Selatan Ahmad Nasuhi.

"Jadi ada pengakuan dari dua orang tersangka ya bahwa ada dugaan aliran uang ke dia (Alex Noerdin) waktu jadi Gubernur, makanya kita periksa hari ini di Gedung Bundar Kejaksaan Agung," kata Candra saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis (29/7/2021).

Menurut Candra, Wakil Ketua Komisi VII DPR itu diperiksa tim penyidik Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan, tetapi pemeriksaan terhadap Alex Noerdin itu dilakukan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung.

"Pemeriksaannya dilakukan di Kejaksaan Agung oleh penyidik Kejati Sumsel," ujarnya.

Dalam perkara itu, Kejaksaan Tinggi Sumatra Selatan sudah menetapkan empat tersangka dan langsung dilakukan upaya penahanan.

Para tersangka itu adalah Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Sriwijaya Periode 2015-2018 Eddy Hermanto, Ketua Pantia Divisi Lelang Pembangunan Masjid Sriwijaya Syarifudin, Project Manager PT Brantas Abipraya - PT Yodya Karya atas nama Yudi Arminto dan Kepala Bagian Kerja Sama Operasional PT Brantas Abipraya - PT Yodya Karya Dwi Kridayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper