Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rilis Farmaplus, Kemenkes: Masyarakat Bisa Cek Stok Obat Covid-19 Secara Online

Website tersebut menginformasikan ketersediaan berbagai jenis obat seperti azithromycin, favipiravir, immunoglobulin, ivermectin, oseltamivir, remdesivir, serta tocilizumab.
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien  Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas menyiapkan obat Covid-19 di gudang instalasi farmasi Dinas Kesehatan Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (15/7/2021). Mulai hari ini, Pemerintah Pusat resmi membagikan sebanyak 300.000 paket obat gratis berupa multivitamin, Azithtromycin, dan Oseltamivir bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Pulau Jawa dan Bali. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis Farma Plus, platform khusus berisi berbagai informasi mengenai obat-obatan, termasuk sejumlah obat yang digunakan untuk terapi pasien Covid-19. Platform tersebut bisa dikunjungi di alamat website farmaplus.kemkes.go.id.

Farma Plus menampilkan 3,5 juta obat yang tersedia di 2.132 apotek. Website tersebut menginformasikan mulai dari ketersediaan berbagai jenis obat seperti azithromycin, favipiravir, immunoglobulin, ivermectin, oseltamivir, remdesivir, serta tocilizumab.

Di dalamnya, terpapar juga data mengenai berapa jumlah obat yang tersedia di apotek-apotek yang terdaftar di Farmaplus. Beberapa apotek yang terdaftar di platform tersebut, antara lain Kimia Farma, Apotek Berkat, Watsons, Apotek K-24, Century, Apotek Generik, Aji Waras, Guardian, Lifepack, serta Mitra Keluarga.

Melalui platform tersebut, pengguna dapat melakukan pencarian secara spesifik menggunakan fitur pencarian yang berisikan lokasi provinsi dan kabupaten, serta apotek. Platform tersebut juga menyajikan informasi jumlah obat dari berbagai jenis yang tersedia di setiap apotek.

Sebagai informasi, data yang tersaji di dalam platform tersebut diperbarui secara berkala setiap hari pukul 17.00 sehingga data tidak real time. 

Pengguna Farmaplus juga diminta mengonfirmasikan ketersediaan obat di masing-masing lokasi apotek. Selain itu, pembelian obat selain dari jenis multivitamin diharuskan menggunakan resep dokter.

Platform tersebut memudahkan masyarakat untuk mengakses obat-obat di tengah masih melonjaknya kasus Covid-19 di Tanah Air. Sampai dengan Sabtu (25/7/2021), terkonfirmas sebanyak 45.416 kasus positif di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper