Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPK Laporkan Aksi Laser Greenpeace, MAKI: Pimpinan Kupingnya Tipis

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut telinga pimpinan KPK 'terlalu tipis' sampai-sampai harus melaporkan aksi tembak laser oleh masyarakat sipil ke kepolisian.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 22 Juli 2021  |  17:24 WIB
Boyamin Saiman - Istimewa
Boyamin Saiman - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) menyatakan bahwa langkah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan aksi penembakan laser oleh masyarakat sipil ke Gedung Merah Putih merupakan langkah mundur.

Koordinator MAKI Boyamin Saiman menyebut telinga pimpinan KPK 'terlalu tipis' sampai-sampai harus melaporkan aksi masyarakat sipil dalam hal ini Greenpeace dalam menyampaikan aspirasi ke kepolisian.

"Kalau sekaramg dilaporkan ini betul-betul langkah mundur, dan pimpinannya KPK ini kupingnya tipis," kata Koordinator MAKI Boyamin Saiman saat dihubungi, Kamis (22/7/2021).

Menurut Boyamin, aksi penembakan laser itu merupakan bentuk penyampaian aspirasi. Aksi tersebut, lanjut Boyamin sama sekali tidak merusak gedung KPK.

Dia juga menyoroti pasal soal penghinaan terhadap Penguasa Umum yang dikenakan kepada terlapor. Menurutnya, pasal tersebut adalah peninggalan kolonial Belanda.

"Ini kan pasal zaman kolonial Belanda. Ini bagi masyarakat demokrasi yang sudah berkembang justru tindakan KPK ini kontraporduktif," katanya.

Terlebih, Boyamin pun membandingkan KPK di era kepemimpinan sebelum Firli Bahuri Cs. yang tidak pernah melaporkan ke kepolisian saat menerima kritik.

"Terjadi banyak demo dan itu biasa lempar-lemparan telur kena gedung segala macem tidak pernah dilaporkan," ujarnya.

Diketahui, beberapa waktu lalu KPK melaporkan masyarakat sipil dalam hal ini Greenpeace ke polisi terkait aksi penembakan laser ke Gedung Merah Putih.

Aksi penembakan laser itu merupakan bentuk protes atas isu pemecatan pegawai KPK lewat tes wawasan kebangsaan (TWK).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK greenpeace maki
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top