Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KPPU & Kemendag Bertemu Bahas Harmonisasi Kebijakan Persaingan Usaha

Melalui audiensi diharapkan dapat tercipta harmonisasi kebijakan pemerintah dengan prinsip persaingan usaha yang sehat.
Ilustrasi/KPPU
Ilustrasi/KPPU

Bisnis.com, JAKARTA -- Komiisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) bertemu untuk membahas isu persaingan usaha dan harmonisasi kebijakan persaingan usaha. 

Melalui audiensi diharapkan dapat tercipta harmonisasi kebijakan pemerintah dengan prinsip persaingan usaha yang sehat dan penguatan kelembagaan KPPU. 

Kebijakan perdagangan yang dikeluarkan oleh pemerintah tidak hanya berpengaruh terhadap aspek perdagangan barang dan jasa di pasar, namun juga dapat berdampak kepada persaingan antara pelaku usaha di pasar.

"Hal ini tidak hanya berlaku kepada kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia, namun juga pemerintah negara lain yang berdampak terhadap pasar di Indonesia," demikian dilansir dari laman resmi KPPU, Jumat (11/6/2021).

Sebagai satu-satunya otoritas persaingan di Indonesia, KPPU membutuhkan dukungan dari Kementerian Perdagangan untuk dapat berperan sebagai pengawas persaingan usaha yang sehat. 

Selain itu, diperlukan kolaborasi antarkedua lembaga dalam meningkatkan efektivitas pengawasan persaingan usaha dan pemulihan ekonomi nasional.

Adapun pertemuan dihadiri langsung oleh Ketua KPPU Kodrat Wibowo, Wakil Ketua KPPU S. Saragih, dan Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto.

Sementara dari Kemendag RI, hadir Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, yang didampingi oleh Sekretaris Jenderal Kemendag RI Suhanto dan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag RI Oke Nurman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Sumber : KPPU
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper