Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Satgas Nemangkawi Tangkap Ketua KNPB Marauke

Tersangka pelaku membuat berita hoaks atau tidak benar, memprovokasi masyarakat dengan berita-berita kebencian yang berakibat permusuhan di bumi Papua.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 10 Juni 2021  |  11:24 WIB
Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy (kanan). - Antara/Evarianus Supar
Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes Iqbal Alqudussy (kanan). - Antara/Evarianus Supar

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Nemangkawi menangkap Ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) cabang Marauke Manuel Matemko terkait kasus dugaan tindak pidana ujaran kebencian dan penyebaran informasi palsu atau hoaks melalui media sosial.

Kepala Humas Satgas Nemangkawi, Kombes Pol M Iqbal Al-Qudusy mengemukakan, bahwa Manuel Matemko ditangkap pada Rabu (9/6/2021), pukul 22.35 WIT di kediamannya di Jalan Perikanan Darat, Kelurahan Kelapa V, Kecamatan Marauke, Kabupaten Marauke, Papua.

Manuel Matemko ditangkap karena seringkali membuat postingan informasi palsu atau hoaks dan ujaran kebencian yang provokatif untuk memprovokasi masyarakat di Bumi Cendrawasih.

"Tersangka pelaku membuat berita hoaks atau tidak benar, memprovokasi masyarakat dengan berita-berita kebencian yang berakibat permusuhan di bumi Papua, masyarakat ingin hidup damai," tuturnya, Kamis (10/6/2021).

Dia juga menjelaskan, bahwa tersangka pelaku mengunggah semua informasi hoaks dan ujaran kebencian itu melalui media sosial Facebook. 

Manuel Matemko dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) Juncto Pasal 28 ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 Tahun 2008.

"Sampai saat ini pelaku masih diperiksa intens," katanya.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

papua Ujaran Kebencian
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top