Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CDC Longgarkan Rekomendasi Kunjungan ke 110 Negara, Indonesia di Level 3

Peringkat baru CDC itu termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" atau yang tertinggi. Pada level tersebut tidak disarankan bagi individu untuk berkunjung meski telah divaksinasi.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  07:38 WIB
Ilustrasi - cdc.gov
Ilustrasi - cdc.gov

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat (AS) melonggarkan rekomendasi perjalanan ke 110 negara dan wilayah, termasuk Jepang, menjelang Olimpiade.

Peringkat baru CDC itu termasuk 61 negara yang diturunkan dari peringkat "Level 4" atau yang tertinggi. Pada level tersebut tidak disarankan bagi individu untuk berkunjung meski telah divaksinasi, menurut badan itu seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (9/6/2021).

Sebanyak 50 negara dan wilayah tambahan telah diturunkan ke "Level 2" atau "Level 1", kata juru bicara CDC. Negara-negara dengan peringkat terendah untuk risiko Covid-19 sekarang termasuk Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belezia, dan Albania.

Di antara negara yang sekarang terdaftar di "Level 3", adalah Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hongaria, dan Italia seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (9/6/2021).

Departemen Luar Negeri AS menyatakan telah memperbarui rekomendasinya untuk mencerminkan pembaruan metodologi baru-baru ini.

Akan tetapi, departemen itu mencatat tidak semua peringkat direvisi karena faktor lain termasuk "ketersediaan penerbangan komersial, pembatasan masuknya warga negara AS, dan hambatan untuk mendapatkan hasil tes Covid-19 dalam waktu tiga hari.

Departemen itu kemudian melonggarkan rekomendasi perjalanan ke 85 negara dan wilayah, termasuk Jepang.

Pada 24 Mei, Departemen Luar Negeri telah mendesak agar tidak bepergian ke Jepang, dengan alasan adanya gelombang baru kasus Virus Corona sebelum Olimpiade Tokyo dimulai pada 23 Juli.

Peringatan Departemen Luar Negeri itu mendorong Gedung Putih untuk menegaskan kembali dukungannya terhadap rencana Tokyo untuk menyelenggarakan Olimpiade pada musim panas ini dan untuk atlet AS yang bersaing di sana meskipun ada gelombang infeksi baru dan tingkat vaksinasi yang rendah di negara tuan rumah.

Penonton asing dilarang masuk dan penyelenggara diharapkan membuat keputusan akhir bulan ini tentang penonton domestik.

CDC menyatakan perubahan itu terjadi setelah merevisi kriteria pemberitahuan kesehatan perjalanan. Badan itu menegaskan bahwa mereka juga merevisi peringkatnya untuk Amerika Serikat menjadi "Level 3" dari "Level 4".

Negara lain yang diturunkan ke "Level 3" termasuk Honduras, Indonesia, Yordania, Libya, Panama, Polandia, Denmark dan Malaysia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Covid-19
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top