Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Down Sejam, Ribuan Situs Web di Dunia Kembali Aktif

Situs dengan lalu lintas tinggi termasuk Reddit, Amazon, CNN, PayPal, Spotify, Al Jazeera Media Network dan New York Times sebelumnya dilaporkan down, menurut situs pelacakan pemadaman Downdetector.com.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 09 Juni 2021  |  07:06 WIB
Media Online - Theguardian.com
Media Online - Theguardian.com

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan situs web pemerintah, portal berita, dan media sosial di seluruh dunia kembali online setelah terkena pemadaman dan ganggaun yang meluas (down) selama satu jam akibat gangguan dari perusahaan jaringan pengirim konten (CDN)  Fastly yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Situs dengan lalu lintas tinggi termasuk Reddit, Amazon, CNN, PayPal, Spotify, Al Jazeera Media Network dan New York Times sebelumnya dilaporkan down, menurut situs pelacakan pemadaman Downdetector.com.

Situs -situs tersebut kembali aktif  setelah pemadaman yang berlangsung beberapa menit hingga sekitar satu jam pada pagi hari di AS dan tengah hari di Eropa.

"Jaringan global kami telah kembali online," menurut laporan Fastly seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Rabu (9/6/2021).

Sebagai salah satu penyedia jaringan pengiriman konten berbasis cloud yang paling banyak digunakan di dunia, perusahaan itu sebelumnya melaporkan gangguan "konfigurasi layanan", namun tidak menjelaskan apa yang dimaksudnya.

"Insiden seperti ini menjelaskan kerentanan internet dan ketergantungannya pada tambal sulam teknologi yang terfragmentasi. Ironisnya, kasus itu juga menunjukkan satu kekuatan seberapa cepat ia dapat pulih," kata Ben Wood, kepala analis di CCS Insight.

Fakta bahwa, pemadaman seperti ini dapat menjadi berita utama di seluruh dunia menunjukkan betapa jarangnya hal itu terjadi, katanya menambahkan.

Konfigurasi layanan khas untuk penyedia layanan cloud mencakup pembaruan aturan keamanan untuk melindungi informasi, atau menginstruksikan server untuk menyegarkan konten situs berita sebelum menyajikannya kepada pelanggan, kata Andy Champagne, Wakil Presiden Senior di Akamai, sebuah perusahaan layanan cloud.

Kesalahan ketik sederhana, misalnya, dapat tersebar ke ribuan server dan menyebabkan gangguan, katanya.

Fastly, yang go public pada tahun 2019 dan memiliki kapitalisasi pasar di bawah US$6 miliar, jauh lebih kecil daripada rekan-rekan seperti AWS Amazon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat online situs
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top