Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuaca Indonesia: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Hujan Lebat Disertai Kilat

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Hindia barat Sumatra yang membentuk konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat Bengkulu dan konfluensi di perairan barat Sumatra Barat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Mei 2021  |  08:55 WIB
Awan gelap menggelayut di atas kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (27/5/2021). - Antara
Awan gelap menggelayut di atas kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (27/5/2021). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, Jumat (28/5/2021).

Dalam informasi yang dikutip dari situs BMKG, Jumat (28/5/2021), disampaikan sirkulasi siklonik terpantau di Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Maluku dan di Papua Barat, serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di perairan utara Halmahera hingga Papua Barat.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Samudra Hindia barat Sumatra yang membentuk konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat Bengkulu dan konfluensi di perairan barat Sumatra Barat.

Di samping itu, terdapat juga sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk konvergensi memanjang di perairan utara Halmahera hingga Papua Barat dan konfluensi di Kalimantan Utara, Laut Sulawesi, dan Maluku Utara bagian utara.

Daerah konvergensi lainnya juga terpantau memanjang di Aceh, dari Lampung hingga Bengkulu, di perairan/pesisir selatan Jawa Barat, di Jawa Timur, di perairan selatan Kalimantan Tengah, di Kalimantan Barat, dari perairan utara Kalimantan hingga Kalimantan Utara, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di Laut Banda, di Papua Barat, dan di NTT bagian timur.

Daerah pertemuan angin atau konfluensi juga terpantau di Selat Malaka.

Kondisi itu mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi dan konfluensi tersebut.

Berdasarkan kondisi itu, BMKG memperkirakan wilayah yang memiliki potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat, yakni Aceh, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Lampung.

Kondisi serupa juga diprakirakan terjadi di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG siklon Cuaca Indonesia

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top