Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Alasan Doni Monardo Digantikan sebagai Kepala BNPB

Santer dikabarkan Doni Monardo diganti oleh Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Ganip Warsito yang merupakan perwira TNI aktif.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 Mei 2021  |  10:13 WIB
Kepala BNPB yang juga merangkap Ketua Satgas Penanganan Covid/19 Letjen TNI Doni Monardo / Istimewa
Kepala BNPB yang juga merangkap Ketua Satgas Penanganan Covid/19 Letjen TNI Doni Monardo / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru pada siang hari ini, Selasa (25/5/2021). 

Rencananya pelantikan pergantian Kepala BNPB akan dilaksanakan hari ini di Istana Negara, Jakarta Pusat. Letnan Jenderal TNI (Purn.) Doni Monardo, yang menjabat Kepala BNPB sejak 9 Januari 2019 dikabarkan bakal digantikan oleh pejabat baru.  

"Pukul 10.00 WIB di Istana Negara oleh Presiden dan dilanjutkan siang harinya serah terima jabatan di Graha BNPB," ujar Juru Bicara Doni, Egy Massadiah, saat dikonfirmasi.

Doni Monardo diganti karena telah memasuki masa pensiun. Dikabarkan, dia diganti oleh Kepala Staf Umum TNI Letnan Jenderal Ganip Warsito yang merupakan perwira TNI aktif.

"Sesuai pernyataan Bapak Panglima (TNI) yang sudah beredar di media, Pak Doni per 1 Juni 2021 pensiun," kata Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut Edys saat dikonfirmasi, Selasa (25/5/2021).

Merujuk pada agenda Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hari ini Presiden Jokowi dan Ma'ruf rencananya akan melantik pejabat baru di kabinetnya.

Adapun, Letjen TNI Ganip Warsito yang merupakan perwira Tinggi TNI-AD ini baru menjabat Kasum TNI sejak 26 Januari 2021. Sebelumnya, jenderal bintang tiga ini menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan.

Ganip Warsito dilahirkan di Magelang pada 23 November 1963. Beliau merupakan lulusan Akmil 1986 dan berpengalaman dalam bidang infanteri.

Pada 2003 hingga 2005, dia pernah menjabat sebagai Dandim 1605/Belu. Setelah menjabat Waasops Kasdam IX/Udayana, Ganip mengisi posisi Danbrigif 7/Rimba Raya selama kurang lebih setahun.

Ganip kemudian menjabat Danrindam Jaya pada 2010 hingga 2011, lalu Danrem 091/Aji Surya Natakesuma setahun kemudian, serta menjabat Dankorsis Seskoad dan Pamen Denmabesad hingga 2013.

Dia juga pernah menjabat Danpuslatpur Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI-AD pada 2013 - 2014, sebelum menjabat Dirlat Kodiklat hingga 2015.

Sebelum mengisi posisi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan, Ganip pernah menjadi Pangdam XIII/Merdeka. Dia menjabat posisi itu selama 2 tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bnpb tni Doni Monardo

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top