Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gelar Salat Id Berjemaah, Masjid Agung Solo Batasi Jemaah

Pengelola Masjid Agung Solo, Jawa Tengah memutuskan untuk menggelar Salat Idulfitri secara berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Mei 2021  |  21:58 WIB
Masjid Agung Solo (ANTARA - Aris Wasita)
Masjid Agung Solo (ANTARA - Aris Wasita)

Bisnis.com, JAKARTA – Salat Idulfitri berjamaah akan digelar oleh Masjid Agung Solo, Jawa Tengah pada Kamis (13/5/2021). Namun demikian, ibadah tersebut akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kepala Tata Usaha Masjid Agung Solo Muhammad Alif mengatakan ada beberapa hal yang berbeda pada pelaksanaan Salat Id kali ini jika dibandingkan dengan pada saat sebelum pandemi Covid-19.

"Kalau sebelum pandemi kan banyak anggota jemaah yang datang dari berbagai daerah, kemungkinan besok tidak seperti sebelum pandemi. Apalagi kan mau masuk Solo sudah dicegat [penyekatan]," katanya, seperti dilansir dari Antara, Rabu (12/5/2021).

Dia juga menjelaskan bahwa kapasitas jemaah yang diperkenankan untuk ikut dalam Salat Idufitri besok akan dibatasi. Menurutnya, kapasitas masjid legendaris di Solo tersebut biasanya mencapai 10.000 orang. Namun untuk Salat Id besok, jumlahnya dibatasi menjadi 3.000-5.000 orang.

Dia mengatakan pembatasan tersebut dilakukan agar jemaah bisa menerapkan jaga jarak saat melaksanakan ibadah. Menurut dia, nantinya sebagian jemaah juga akan ditempatkan di serambi maupun halaman masjid.

Untuk memastikan pelaksanaan Salat Id berjalan dengan tertib, dikatakannya, ibadah akan dimulai tepat pada pukul 06.15 WIB.

"Kemarin kami sudah melakukan koordinasi dengan imam, termasuk pelaksanaan khotbah jangan terlalu lama. Selain itu, imam juga diminta untuk memperpendek bacaan surat sehingga pelaksanaan Salat Idulfitri bisa selesai dengan lebih cepat," katanya.

Sementara itu, untuk mengurangi antrean jemaah yang akan masuk kawasan masjid, pengelola akan membuka tiga pintu gerbang. Nantinya di setiap pintu akan dijaga petugas.

Para petugas ini akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun untuk memastikan jemaah tidak ada yang bersuhu di atas 37 derajat Celcius.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Solo lebaran masjid idulfitri

Sumber : Antara

Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top