Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenag: Pengumuman Hasil Sidang Isbat Pukul 19.15 WIB

Setidaknya terdapat tiga tahapan pada sidang isbat penetapan 1 Syawal 1442 H.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 11 Mei 2021  |  12:22 WIB
Petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan berdoa usai melakukan pemantauan hilal (bulan) untuk menentukan hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (13/9). Pemantauan hilal yang dilakukan dengan mata telanjang tanpa menggunakan teropong tersebut memastikan Idul Adha 1436 Hijiriyah jatuh pada 24 September 2015 di wilayah Sulawesi Selatan.  - ANTARA
Petugas Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan berdoa usai melakukan pemantauan hilal (bulan) untuk menentukan hari Raya Idul Adha 1436 Hijriyah di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (13/9). Pemantauan hilal yang dilakukan dengan mata telanjang tanpa menggunakan teropong tersebut memastikan Idul Adha 1436 Hijiriyah jatuh pada 24 September 2015 di wilayah Sulawesi Selatan. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama akan menggelar sidang Isbat penetapan awal Syawal 1442 H untuk menentukan hari raya Idulfitri pada Selasa (11/5/2021) sore. Pengumuman hasil sidang akan diumumkan pada pukul 19.15 WIB.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Agama, sidang isbat kali ini digelar dengan skema daring dan luring. Sebagian tamu undangan mengikuti sidang secara langsung, sisanya melalui daring.

Selain itu, sidang isbat akan disiarkan melalui siaran langsung TVRI dan live streaming di kanal YouTube Kemenag RI. Setidaknya terdapat tiga tahapan dalam menentukan posisi hilal.

Pertama, seminar posisi hilal awal syawal 1442 H akan disampaikan secara astronomis oleh tim pada pukul 17.00 WIB. Seminar awal ini disiarkan melalui kanal YouTube Kemenag RI serta aplikasi zoom bagi tamu undangan.

Kedua, sidang isbat awal syawal yany dipimpin Menag Yaqut Cholil Qoumas, jam 18.00 WIB. Tahapan sidang ini dilaksanakan setelah magrib dan dilakukan secara tertutup. Biasanya sidang hanya diikuti oleh para tamu undangan.

Ketiga, setelah menentukan posisi hilal, pemerintah akan menggelar telekonferensi pers pengumuman hasil sidang isbat awal Syawal 1442 H.

Pengumuman disampaikan pada pukul 19.15 WIB melalui siaran langsung TVRI maupun laman YouTube Kemenag RI serta lewat aplikasi zoom.

Di sisi lain, Pengurus Pusat Muhammadiyah lebih dulu telah menetapkan awal Syawal atau hari raya Idulfitri pada 13 Mei 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag 1 syawal idulfitri sidang isbat
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top