Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkumham Deportasi WN Kanada Penyelenggara 'Kelas Orgasme'

Langkah itu diambil setelah promosi dan informasi viral di media mainstream maupun media elektronik tentang rencana kegiatan Yoga di Bali bertajuk Tantric Full Body Orgasm.
Ilustrasi/legalstudiesgreen.wikispaces.com
Ilustrasi/legalstudiesgreen.wikispaces.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Hukum dan HAM, kantor perwakilan Bali, mendeportasi seorang warga negara asing (WNA), Christopher Kyle Martin, Minggu (9/5/2021) pukul 15.20 WITA.

"Dan direncanakan tiba di Soekarno Hatta 3 pada pukul 16.50 WIB kemudian melanjutkan Penerbangan dari Jakarta –Doha – Kanada menggunakan penerbangan Qatar Airways pada Hari Senin Dini Hari pukul 01.00 WITA," demikian jelas Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk dalam keterangan resmi.

Langkah itu diambil setelah promosi dan informasi viral di media mainstream maupun media elektronik tentang rencana kegiatan Yoga di Bali bertajuk Tantric Full Body Orgasm yang diselenggarakan oleh orang asing dan mendapatkan perhatian yang luas dari Masyarakat, Anggota Legislatif, Pemerintah Pusat dan Gubernur Bali.

"Kegiatan Yoga ini sangat bertentangan dengan kebudayaan Indonesia khususnya kebudayaan Bali yang memegang teguh Adat Istiadat dan norma Agama. Gubernur Bali memberikan perhatian secara khusus dalam masalah ini dan meminta Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Bali untuk melakukan tindakan tegas kepada Orang Asing tersebut."

Pada Kamis (5/5/2021), Jamaruli memerintahkan Tim Inteldakim Divisi Keimigrasian dan Tim Inteldakim dari Kantor Imigrasi Denpasar dan Kantor Imigrasi Ngurah Rai untuk berkoordinasi dengan Kepolisian, Satuan Polisi Pamong Praja untuk mengumpulkan bahan keterangan dan mencari keberadaan orang asing tersebut.

"Atas bantuan Tim Cyber Polri lokasi yang bersangkutan dapat ditemukan dan tim bergerak menuju Ubud dan hanya dapat menemui pemilik tempat acara tetapi orang asing tersebut sudah kabur," jelasnya.

Sehari berselang, jelas dia, tim berhasil menangkap WNA berkewarganeraan Kanada tersebut dan dibawa ke Kantor Imigrasi Denpasar untuk diperiksa. Berdasarkan hasil pemeriksaan, Christopher Kyle Martin mengakui bahwa acara Yoga Tantric Full Body Orgasm sudah lama diiklankan dan lupa dihapus. 

Acara Yoga tersebut rencananya diselenggarakan pada tahun 2020 di Karma House of Tattoos, tetapi ditunda hingga tahun 2021 karena yang bersangkutan tidak memiliki sertifikat sebagai instruktur Yoga dan tidak memiliki izin kerja. Namun, WNA tersebut menjelaskan bahwa yoga itu tidak memiliki kandungan sexualitas lantaran berbeda dengan genital orgasm dan lebih banyak mempelajari tehnik pernafasan.

"Untuk mengikuti yoga ini peserta diminta untuk membayar 20 euro sudah termasuk membayar sewa tempat dan makanan pada saat acara berlangsung," jelas Jamaruli.

Dia mengatakan selama di Indonesia Christopher Kyle Martin menggunakan izin tinggal kunjungan. Dengan begitu, disimpulkan bahwa WNA itu selama berada di Indonesia, khususnya Bali, tidak menghormati adat istiadat serta budaya Bali.

Alhasil, sesuai dengan pasal 75 huruf a UU No. 6/2016 tentang Keimigrasian, Christopher Kyle Martin dapat dikenakan tindakan administrasi keimigrasian yaitu dideportasi kembali ke negaranya dan namanya dimasukkan kedalam daftar tangkal.

"Sesuai arahan Gubernur Bali, menghimbau masyarakat di seluruh wilayah Bali, para pelaku usaha pariwisata, tokoh masyarakat dan komponen masyarakat lainnya agar proaktif memantau dan melaporkan berbagai jenis praktek yang dilakukan oleh warga negara asing dan warga lainnya kepada pihak berwenang atau memuat di media sosial supaya bisa diambil tindakan tegas," jelas Jamaruli.

Dia pun menghimbau kepada semua WNA yang berkunjung ke Bali agar selalu berperilaku tertib dengan menghormati hukum dan nilai budaya masyarakat Bali. "Setiap pelanggaran akan ditindak tegas demi menegakkan kehormatan dan kewibawaan negara dihadapan dunia."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper