Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

75 Pegawai KPK Gagal Tes Kebangsaan, Emil Salim: Termasuk Novel Baswedan

Guru besar fakultas ekonomi Universitas Indonesia Profesor Emil Salim angkat bicara mengenai pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 07 Mei 2021  |  13:55 WIB
Emil Salim - Antara
Emil Salim - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 75 orang pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diduga gagal dalam Tes Wawasan Kebangsaan merupakan bagian dari alih status pegawai KPK menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Perubahan status pegawai KPK merupakan hasil dari Undang-Undang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (UU KPK) yang baru.

Guru besar fakultas ekonomi Universitas Indonesia Profesor Emil Salim angkat bicara mengenai pegawai KPK yang tidak lolos Tes Wawasan Kebangsaan. 

“75 tenaga KPK tak lulus tes Aparatur Sipil Negara dalam wawasan kebangsaan yang bertanya a.l. ‘apakah shalat subuh pakai qunut atau tidak?’," tulis Emil melalui akun Twitter resmi miliknya @emilsalim2010, Jumat (7/6/2021).

Emil Salim juga menyoroti tersingkirnya punggawa penyidik KPK akibat TWK.

Salah satunya sosok Novel Baswedan yang diketahui sebagai penyidik senior komisi antirasuah.

“Tersingkirnya a.l. Novel Baswedan penangkap koruptor Menteri Kelautan-Perikanan dan koruptor kakap lainnya dengan mengorbankan penglihatan mata kirinya," imbuh Emil Salim.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron dalam konferensi pers menyatakan sebanyak 1.351 pegawai KPK mengikuti tes tersebut. Sebanyak 1.274 lainnya dinyatakan memenuhi syarat dan dua lainnya tidak hadir.

Wawancara merupakan tahap kedua dari rangkaian TWK yang digelar di Gedung Badan Kepegawaian Negara (BKN), Cawang, Jakarta Timur pada awal Maret 2021.

KPK menyatakan 75 pegawai tak lulus dalam TWK. Beberapa sumber mengatakan, bahwa pegawai KPK yang tak lolos adalah penyidik, bahkan ada yang sedang menangani kasus kakap seperti bansos Covid-19.

Anehnya. ada juga beberapa pegawai yang menjalani sesi wawancara mendapat pertanyaan-pertanyaan yang cenderung ke ranah pribadi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK emil salim novel baswedan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top