Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Larangan Mudik Bikin Cemas Santri, Ini Jawaban Jubir Wapres

Para santri pulang dari pesantren diperkirakan sebelum 6 Mei 2021, mengingat pengajian Ramadan sudah selesai pada 3 Mei 2021.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 24 April 2021  |  15:39 WIB
Ilustrasi - Panitia mendata sejumlah santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor asal Banten yang akan kembali ke kampus mereka di Ponorogo, Jumat (19/6/2020). - Antara
Ilustrasi - Panitia mendata sejumlah santri Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor asal Banten yang akan kembali ke kampus mereka di Ponorogo, Jumat (19/6/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Masduki Baidlowi, Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebutkan kebijakan larangan mudik tidak akan berdampak kepada santri di pesantren.

Ia menegaskan hal itu karena kebanyakan santri pulang sebelum periode dilarang mudik.

Masduki mengatakan pada dasarnya lingkungan pesantren merupakan komunitas tertutup, lalu-lintas keluar masuk orang dari dan ke pesantren sangat terbatas dan terawasi dengan baik.

Selain itu, para santri pulang dari pesantren diperkirakan sebelum 6 Mei 2021, mengingat pengajian Ramadan sudah selesai pada 3 Mei 2021.

"Jadi sekali lagi ditegaskan bahwa kepulangan para santri dari pesantren bukan di kurun waktu larangan mudik tanggal 6 - 17 Mei 2021. Namun dalam rentang waktu pengetatan mudik yaitu sekitar tanggal 4 - 5 Mei 2021," katanya Masduki dalam keterangannya, Jumat (23/4/2021).

Meskipun demikian, para santri diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Hal itu wajib dilaksanakan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya penanggulangan penyebaran Covid-19. Termasuk melakukan swab tes PCR, Antigen, atau GeNose saat kepulangan dan kedatangan kembali di pesantren.

Pemerintah menetapkan kebijakan larangan mudik setelah Idulfitri yang berlaku selama 6 - 17 Mei 2021.

Hal tersebut membuat resah para santri. Mereka khawatir tidak dapat berkumpul dengan orang tua di rumahnya masing-masing.

Mendengar kekhawatiran ini, Wapres mencoba memberi jalan tengah dengan memberikan opsi fasilitasi kepulangan santri dari instansi yang berwenang sebelum masa larangan mudik. Namun, ini bukan berarti dispensasi pada masa larangan mudik 6 - 17 Mei 2021.

Santri di pesantren umumnya melaksanakan kegiatan pengajian Ramadan hingga hari ke-21 Ramadan atau tahun ini jatuh pada 3 Mei 2021.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

santri wapres ma'ruf amin Larangan Mudik Lebaran
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top