Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mudik Dilarang, Satgas Imbau Masyarakat Silaturahmi Virtual

Satgas Covid-19 mengatakan mudik ke kampung halaman akan membahayakan keluarga yang masuk kelompok lansia.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyarankan agar masyarakat sebaiknya menunda mudik pada Hari Raya Idulfitri Tahun ini.

Dia menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan jaringan teknologi untuk bersilaturahmi virtual dengan keluarga di kampung halaman. Hal itu dilakukan sebagai upaya pengendalian laju penularan Covid-19.

Dia mengatakan mudik ke kampung halaman akan membahayakan keluarga yang masuk kelompok lansia. Apalagi tradisi ini umumnya dipenuhi interaksi fisik, seperti berjabat tangan yang berpotensi menjadi titik awal penularan Covid-19.

"Penting untuk diingat, lansia merupakan populasi yang mendominasi kematian akibat Covid-19 dengan persentase 48,3 persen," kata Wiku dalam keterangan pers dikutip Jumat (23/4/2024).

Oleh karena itu, pemerintah meminta masyarakat untuk mengurungkan niatnya menjalankan kegiatan mudik, untuk melindungi diri dan keluarga di kampung halaman dari Covid-19.

Lebih lanjut, pemerintah pun telah meminta para penyedia operator telekomunikasi di Indonesia untuk menjamin layanan komunikasi yang berkualitas.

"Sehingga masyarakat yang ingin bersilaturahmi secara virtual, dapat melakukankannya dengan baik," ujarnya.

Wiku mengingatkan bagi masyarakat yang sudah memiliki hasil tes negatif, tidak berarti sepenuhnya bebas dari Covid-19. Pasalnya, peluang tertular di perjalanan ke kampung halaman masih terbuka lebar.

"Dan apabila hal ini terjadi kita sudah membahayakan keluarga kita di kampung," imbuh Wiku.

Wiku meminta masyarakat untuk bertindak secara bijak menyikapi pandemi. Karena silaturahmi dengan keluarga di kampung halaman tidak harus berbondong-bondong bepergian ke kampung halaman.

"Masyarakat dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi dewasa ini untuk bersilaturahmi dengan keluarga dari jauh," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper