Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tunggu RUU dan Vaksinasi Kelar, Pemerintah Mulai Pembangunan Awal Ibu Kota Baru

Selain menunggu landasan hukum, jadwal pembangunan IKN baru akan menyesuaikan dengan vaksinasi nasional yang dilakukan secara bertahap. Adapun, target vaksinasi menyasar ke 181.550.000 jiwa untuk mencapai herd immunity.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 12 April 2021  |  19:59 WIB
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara
Konsep Ibu Kota Negara. - Antara

Bisnis.com , JAKARTA – Pemerintah Indonesia akan memulai pembangunan fisik tahap awal Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, setelah Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara disahkan.

Selain itu, soft groundbreaking juga akan menyesuaikan dengan timeline vaksinasi nasional.

Kementerian PPN/Bappenas mengatakan target pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) akan dilakukan sampai 2024 untuk KIPP dengan sarana dan prasarana pendukungnya.

Tentunya, hal tersebut akan diagendakan setelah pengesahan RUU IKN oleh DPR, yang sudah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

“Pada saat yang sama, kita juga menatap kedepan dengan gagasan-gagasan baru yang menjadi modal kita mewujudkan cita-cita bangsa, Indonesia maju.Sekali lagi, bersama generasi tua dan muda, dan semua pemangku kepentingan untuk kepentingan nasional, saya mengajak kita bergandengan tangan, menyingsingkan lengan, bekerja untuk Indonesia tercinta,” ucap Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam kunjungannya ke titik nol pembangunan IKN dan titik lokasi Istana Negara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/4/2021).

Selain menunggu landasan hukum, jadwal pembangunan IKN baru akan menyesuaikan dengan vaksinasi nasional yang dilakukan secara bertahap. Adapun, target vaksinasi menyasar ke 181.550.000 jiwa untuk mencapai herd immunity.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, persiapan pemidahan IKN meliputi pembangunan fasilitas penyelenggaraan pemerintahan yang baru, serta aktivitas pembangkit kegiatan ekonomi bagi IKN dan sekitarnya.

Hari ini, Menteri PPN/Kepala Bappenas, Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor berkunjung ke titik nol pembangunan IKN dan titik lokasi Istana Negara.

Bertepatan dengan ulang tahun Kementerian PPN/Bappenas, Suharso berharap kementerian yang dipimpinnya dapat menjadi fondasi kuat dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia.

“Berada di lokasi titik nol ini, bersama-sama semua generasi, dari generasi tua, generasi muda, saya berharap hal ini dapat menjadi simbol bahwa Kementerian PPN/Bappenas tetaplah sebagai lembaga perencana pembangunan nasional yang memiliki akar kuat dan ibaratkan sebuah fondasi yang menghunjam ke bumi, ke IKN baru ini, Insyaallah yang tetap pada prinsip, nilai-nilai dasar, nilai-nilai luhur, integritas, serta kematangan pengalaman yang dimiliki oleh Kementerian PPN/Bappenas,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bappenas vaksinasi Ibu Kota Dipindah ibu kota negara
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top