Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Catat! Kemenag Segera Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Berprestasi

Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2021 akan dibuka Kemenag pada pertengahan Maret 2021.
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id
Gedung Kementerian Agama/kemenag.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama akan segera membuka pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) 2021 dengan 21 perguruan tinggi yang akan menjadi mitra.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag Waryono Abdul Ghofur mengatakan pendaftaran PBSB tahun ini akan dibuka pada pertengahan Maret 2021.

“Pendaftaran PBSB tahun 2021 segera dibuka. Kami sedang siapkan perangkatnya, para santri agar terus update informasi resmi seputar PBSB,” tegasnya dalam keterangan resmi, Sabtu (13/3/2021).

Waryono memerinci, ada dua aspek kemampuan yang menjadi fokus PBSB saat ini. Pertama, pemahaman dan penguasaan terhadap aspek ilmu agama (tafaqquh fiddin) yang menjadi core business pesantren.

"Termasuk di dalamnya, kemampuan menentukan maslahat kemanusiaan atau tafaqquh fii mashalihil khalqi, terlebih di kala pandemi melanda," terangnya.

Kedua, sambung Waryono, pemahaman dan penguasaan terhadap kajian keilmuan lainnya sebagai instrumen akademik dan metodologis.

"PBSB tidak hanya memberikan ruang pengkajian keilmuan keislaman saja, tetapi juga kajian keilmuan lainnya sebagai instrumen akademik dan metodologis untuk mentransformasikan agama sehingga lebih kontekstual,” lanjutnya.

Sejalan dengan itu, Waryono menjelaskan Direktorat PD Pontren terus berusaha melakukan optimalisasi pilihan program studi. Hal itu dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan masyarakat dan pesantren dalam menjalankan fungsi pendidikan, fungsi dakwah serta pemberdayaan masarakat, serta upaya mewujudkan kemandirian pesantren dan mempercepat pembangunan nasional.

Harapannya, jelas dia, santri lulusan PBSB akan lebih responsif dan mampu memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan aktual.

Sebagai informasi, PBSB sudah berjalan sejak 2004. Ribuan sarjana santri sudah lahir dari program yang merupakan salah satu bentuk afirmasi negara bagi para santri agar dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi.

Melalui PBSB, santri diharapkan mampu merespon tantangan zaman, mentransformasikan nilai-nilai agama dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dalam konteks kekinian.

Adapun, 21 mitra Kemenag dalam PBSB ini antara lain UIN Alauddin Makassar, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, UIN Sunan Ampel Surabaya, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper